METRUM
Jelajah Komunitas

Pentingnya Membersihkan Gigi

SIKAT gigi dua kali sehari sudah merupakan kebiasaan yang kita lakukan sejak kecil, tetapi masih banyak orang yang jarang menggosok gigi. Entah itu karena lupa ataupun tidak sempat. Memang, efek buruk tidak menyikat gigi itu tidak akan terasa secara langung.

Dengan menyikat gigi secara rutin, akan membantu mencegah kerusakan gigi. Apabila gigi tidak dibersihkan maka akan menjadi rumah bagi banyak bakteri yang mulai menggerogoti gigi. Yang nantinya menyababkan gigi berlubang dan mengakibatkan kebutuhan akan tambalan.

Pada kasus terburuk, gigi juga bisa rusak sehingga harus dicabut, dan hal itu tentu membutuhan biaya yang tidak semurah pengeluaran untuk menyikat gigi secara teratur.

Bagaimana Cara Menyikat Gigi?

Dengan menyikat gigi, mulut akan terasa lebih segar dan yang terpenting adalah dapat menghilangkan plak dan sisa makanan yang ada di sekitar gigi. Hal ini dapat  mencegah bakteri menumpuk dan lepas kendali.

  • Jangan mengarahkan bulu sikat langsung ke gigi. Sebaliknya, miringkan ujung bulu ke sudut 45 derajat terhadap garis gusi Anda. Gunakan gerakan melingkar kecil untuk menggerakkan bulu sikat ke seluruh permukaan gigi.
  • Mulailah dengan menyikat permukaan luar setiap gigi, pastikan untuk menjaga agar bulu sikat tetap miring terhadap garis gusi Anda.
  • Ulangi dengan permukaan interior gigi Anda.
  • Sikat sepanjang permukaan gigitan gigi Anda, perhatikan geraham di belakang.
  • Akhiri dengan menyikat lidah Anda — ini akan menyegarkan napas dan membantu menghilangkan bakteri di mulut Anda.
Membersihkan sela-sela gigi dengan cara flossing (Foto: unsplash.com).*

Tetapi sikat gigi tidak akan menghilangkan plak dan partikel makanan di antara gigi Anda, di bawah garis gusi, atau di bawah kawat gigi. Jadi Anda harus membersihkan ruang-ruang ini setidaknya sekali sehari. Dengan cara flossing.

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang, disarankan menggunakan benang dental floss yang dibeli di apotek, biasanya benang floss itu jenis nilon multifilamen dan PTFE (monofilame).

Cara membersihkan gigi dengan cara flossing adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan benang dengan hati-hati di antara dua gigi, dengan gerakan maju mundur. Perlahan bawa benang ke garis gusi, tetapi jangan paksakan di bawah gusi. Lengkungkan benang di sekitar tepi gigi Anda dalam bentuk huruf “C” dan geser ke atas dan ke bawah sisi setiap gigi.
  2. Ulangi proses ini di antara semua gigi Anda, dan ingat untuk membersihkan sisi belakang gigi belakang Anda.

Membersihkan gigi itu sangat penting, jika tidak, kita akan menyesal di kemudian hari, karena dapat mengakibatkan rasa sakit, bahkan gigi ompong. (Muhamad Alfin Ramadian/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: