METRUM
Jelajah Komunitas

Aleix Espargaro dan Tim Aprilia Racing Catat Sejarah di MotoGP Argentina

SIRKUIT Termas de Rio Hondo menjadi saksi terciptanya sejarah. Pada seri III MotoGP Argentina 2022, Senin (4/4/2022) dinihari WIB untuk pertama kalinya tim pabrikan Aprilia, Italia dan pembalapnya Aleix Espargaro (Spanyol) berjaya memenangi kelas paling bergengsi MotoGP. Dengan demikian, semua pabrikan peserta MotoGP kini telah memenangi lomba MotoGP.

Aleix Espargaro meraih puncak podium pertama kali tepat pada lomba ke-200 kalinya di kelas paling bergengsi MotoGP. Start dari pole position, andalan tim Aprilia Racing ini  membuktikan kemampuanya bisa menjadi juara.

Aleix mengungguli Jorge Martin (Pramac Ducati/Spanyol) yang meski memimpin lomba cukup lama, akhirnya harus puas di urutan kedua tertinggal 0,807 detik. Pembalap asal “negeri matator” Aleix Rins (Suzuki Ecstar/Spanyol) menempati posisi ketiga +1,330 detik dan juara dunia 2020 Joan Mir (Suzuki Ecstar/Spanyol) harus puas menduduki urutan keempat +1,831 detik.

Menikung dan pimpin 4 lap akhir

Lomba MotoGP Argentina 2022 yang vakum selama dua tahun (2020, 2021) akibat pandemi Covid-19 berlangsung ketat dihadiri penonton yang memadati sirkuit Termas de Rio Hondo. Jorge Martin (Pramac Ducati) langsung melesat dari grid kedua mengungguli Aleix Espagaro pemegang posisi pole, sedangkan Pol Espagaro (Repsol Honda/Spanyol) menempel di urutan ketiga membuntuti Martin dan kakaknya Aleix Espargaro.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) akhirnya berhasil melewati Martin (Pramac Ducati) empat lap sebelum finis dan hingga finis ditempel ketat Martin, sedangkan Pol Espagaro (Repsol Honda) mengalami nahas, tergelincir di pertengahan lomba sehingga kehilangan peluang naik podium. Posisi ketiga akhinya ditempat Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Dengan menjuarai GP Argentina, kini Aleix Espargaro memimpin klasemen MotoGP dengan raihan 48 poin, kedua Bad Binder (Red Bull KTM) 38u, ketiga Alex Rins (Suzuki Ecstar) 36 dan keempat Enea Bastianini (Gresini Ducati) 36.

Aleix Espargaro mengatakan, ia amat bahagia akhirnya bisa membawa Aprilia Racing ke puncak podium lomba MotoGP di Argentina dan merasa mampu bersaing sejak seri I GP Qatar dan seri II GP Indonesia.

“Harus saya akui menang di Argentina tidak mudah, persaingan ketat dengan Jorge Martin tidak saya duga. Semula saya berpikir akan bisa mengatasinya, namun dia sungguh menyulitkan sehingga baru empat lap menuju finis saya bisa melewatinya, tapi Martin terus menempel ketat hingga finis,” tutur Aleix Espargaro.

Selanjutnya, Seri IV MotoGP Amerika akan berlangsung pada Minggu, 10 April 2022 mendatang. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.