METRUM
Jelajah Komunitas

Chloristic asal Garut, Juara 3 K-Pop Cover Festival KBS World Indonesia 2020

K-POP, singkatan dari Korean pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop dari negeri ginseng ini sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara. K-Pop mendapatkan audiens global yang luas, termasuk penggemar fanatiknya di Indonesia.

Di Indonesia, K-Pop bukan hanya menyebar di kota-kota besar, tapi juga ke berbagai pelosok daerah, termasuk di Jawa Barat. Nah, K-Pop merupakan salah-satu hal yang paling hits buat remaja Garut. Komunitasnya semakin banyak dan digemari para remaja. Ada remaja yang serius membuat grup bareng teman-teman dekatnya atau sekadar penggemar yang rela jadi pengikut setia dan meramaikan acara K-Pop di kota yang terkenal dengan dodol ini. Sejatinya, K-Pop memang punya tempat khusus di kalangan remaja Garut. Selain musiknya asyik didengarkan, tariannya keren dan feel-nya pas banget untuk para remaja.

Disiarkan melalui kanal YouTube KBS World Indonesia pada Kamis, (10/12/2020), mulai pukul 19.00 WIB, grup cover dance asal Garut bernama CHLORISTIC memenangkan juara 3 Kategori Cover Dance di K-Pop Cover Festival. Tentunya hal ini mengejutkan, sekaligus membanggakan bagi remaja Garut, khususnya penggemar K-Pop.

Link menuju siaran YouTube KBS World Indonesia.*

Acara K-Pop Cover Festival ini dipandu Jang Hansol dan Amelia Tantono.  Jurinya adalah S Tiger yang merupakan produser lagu K-Pop terkenal serta Bart yang merupakan koreografer yang menata tari beberapa grup K-Pop. Di antaranya Super-M, EXOSC, NCT127 dan masih banyak lagi.

Bart menyampaikan poin penilaian (capture KBS World).*

Ada 8 tim yang terpilih menjadi finalis. Ketika nama Chloristic dipanggil sebagai juara 3, orang-orang bergembira sampai kameranya jatuh.

(capture KBS World).*
(capture KBS World).*
(capture KBS World).*

Ketika ditanya host bagaimana perasaan mereka, seorang anggota Chloristic menjawab, “Ah seneng banget, gak nyangka banget, mau ngucapin makasih juga buat panitia, Alhamdulillah bisa masuk 8 besar itu sesuatu banget, pencapaian terbesar kita sampai ke juara tiga ini… nggak nyangka banget. Pokoknya, makasih banyak”.

Lalu semua orang tepuk tangan.

Bart dan S Tiger kemudian menjelaskan kenapa CHLORISTIC memenangkan juara 3. Kostumnya mirip seperti Dreamcatcher. Mereka memiliki pesona kegelapan. Gerakannya begitu detail dan lihai dalam meniru tariannya serta timingnya juga pas.

Kemudian Bart dan S Tiger menjelaskan lebih lanjut, “Tim ini merupakan salah satu tim yang paling bagus dalam pemilihan kostum. Dari kostumnya, saya melihat bahwa mereka tahu bagaimana menghias panggung melalui gaya mereka sendiri. Saya juga menyukainya karena mereka memakai penari latar sehingga dapat membuat panggung berskala besar.”

Host pun berkomentar bahwa tim CHLORISTIC ini tampil memukau, keren dan kompak.

Setelah diumumkan, teman-teman CHLORISTIC melalui KJJC (Korean Jjang Community) Garut mengunggah video mereka di YouTube. Kuy saksikan bersama!

Di balik layar produksi video cover dance

Tim (Re)aksi Remaja yang begitu antusias dengan hasil yang dicapai kelompok ini, sampai kepo banget ingin tahu bagaimana sih prosés pembuatan video cover dance mereka yang kece tersebut. Tim pun lalu menghubungi salah satu admin dan juga produser dari produksi video cover dance CHLORISTIC yaitu Desma Amalia.

Desma Amalia (Instagram: @desmaaaa).*

Bagaimana proses syuting cover dance CHLORISTIC berlangsung?

Proses syutingnya benar-benar penuh perjuangan sih menurut aku. Kita kumpul jam 7 pagi untuk persiapan. Ternyata, kostum masih di tukang jahit dan belum selesai. Akhirnya kita tunggu sampai jam 11 siang, baru ada kostumnya. Terus ada yang gagal 1 kostum di bagian celana salah satu member sampe udah hopeless banget tapi kita tetap melakukan proses syuting. Jam 2 siang kita berangkat ke tempat syuting Garut Creative Hub. Karena hujan jadi ada member yg telat datang. Kita photoshoot dulu jam 3 sore, beres jam 5. Udah lama-lama photoshoot, aku salah pencet di kamera malah format memory. Akhirnya kita ulang foto sampe jam 7 malam. Jam setengah 8 malam, kita baru take video sampai jam 10 malam. Melelahkan, tapi alhamdulillah hasilnya memuaskan.

Apa saja yang mendukung proses syutingnya bisa sampai keren begitu?

Pertama, dari peralatannya harus benar-benar disiapkan, seperti kamera, stabilizer dan lighting. Yang paling penting konsepnya, karena memang dari Dreamcatcher-nya bertema dark-pink gitu jadi aku coba pake konsep itu.

Berkenalan dengan CHLORISTIC

Metronom tentunya penasaran kan ingin berkenalan dengan member CHLORISTIC. Oleh karena itu, Tim (Re)aksi Remaja melakukan wawancara dengan Sindi Aulia Arum sebagai ketua dari CHLORISTIC.

Instagram: @chloristic.ofc.*

Sindi, Bisa dong dikenalin membernya satu-satu?

Bisa banget, saya sendiri Sindi Audila Arum cover as Siyeon, lalu ada Fira Mardianti cover as Yoohyeon, Diana Aulia Putri cover as Dami, Salma Saida Ibtihal cover as Gahyeon, Andivia Ratu Farisa cover as Sua, dan yang terakhir Britney Kimberly cover as Jiu.

Sindi as Siyeon

Lalu ada juga para back up dancer kita. Untuk back up dancer perempuan ada Shalwa, Jenniven, Abrilla, Saskya. Dan untuk back up dancer laki lakinya ada 4 orang member @1x_id, yaitu a Ridwan, Rizky, Daffa, sama Naufal.

Sejak kapan sih kalian memulai grup cover dance ini?

Kalau untuk project cover ini, kita baru memulai 2 bulan yang lalu. Ada project lain juga yang udah jauh lebih lama dari project ini.

Berapa lama sih latihan yang kalian butuhkan untuk projek dance cover itu?

Persiapan kita 1 bulan, hanya saja untuk latihan kita hanya sempat latihan 1 minggu 2 kali. Itu pun jarang full member karena setiap member ada kesibukan masing masing. Ada yang kerja, kuliah dan juga sekolah SMP sama SMA.

Motivasinya yang bikin kalian super semangat dan energik itu apa?

Awalnya kita lihat dance cover lain yang udah Sunbae atau senior, baik yang dalam negeri maupun luar negeri. Mereka itu keren keren banget, selalu menyajikan penampilan yang luar biasa dan sangat niat dari mulai kostum, properti, look a like, setting tempat dan yang lainnya. Lalu kita mempunyai keinginan untuk mencoba dan menguji sejauh apa kemampuan kita untuk mengcover lagu tersebut. Dan tidak lupa juga berkat dukungan keluarga, Teh Desma, Teh Dea, dan teman-teman terdekat lainnya yang membuat kita makin bersemangat.

Tim CHLORISTIC.*

Any words, pesan untuk teman-teman muda di Garut dan Indonesia?

Buat semua teman teman muda di Indonesia, khususnya teman-teman di Garut, tetap semangat dan terus berkarya! Jangan malu untuk mengexplore bakat kalian! Kalian harus terus menerus mengolah bakat kalian agar hasilnya semakin meningkat dan juga hasilnya memuaskan. Selalu ingat kalau usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Kita semua adalah pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang bisa membanggakan daerah kita dan Indonesia! Semangat semuanya! Dan jangan lupa, karena kondisi lagi pandemi, selalu terapkan 3M ya teman teman. Salam dari kami, Chloristic dance cover Dreamcatcher dari Garut.

Tentang KJJC

CHLORISTIC merupakan salah satu grup cover yang dikelola oleh Korean Jjang Community (KJJC) Garut. Mereka adalah komunitas remaja dan anak muda yang menyukai Korea. Mereka mengadakan kegiatan belajar bahasa Korea bersama, latihan cover dance, mengikuti acara-acara cover K-Pop, serta produksi video cover lagu dan tarian KPop.

Komunitas ini berada di Cibatu, Kabupatén Garut. Kamu bisa cari tahu mereka di Instagram https://instagram.com/kjjc_g

Tim (Re)aksi Remaja gembira dan bangga karena Remaja Garut ternyata aktif berkarya dan berprestasi. Buat metronom, siapapun dan dimana pun kamu berada, jika kamu sudah temukan bakatmu, teruslah berkarya dan tetap semangat. Yakin, kamu ngga berjuang sendirian kok! (Rhaka Katresna)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: