METRUM
Jelajah Komunitas

Coaching Clinic Ronggeng Panggung Ika Lises Unpad

IKATAN Alumni Lingkung Seni Sunda Universitas Padjadjaran (Ika Lises Unpad) akan mengadakan “Coaching Clinic bersama IKA Lises Unpad” pada Jumat, 16 Agustus 2019, pukul 13.00 hingga selesai di Sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa Lises Unpad, Jalan Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Tari Ronggeng Panggung merupakan tarian khas Unit Kegiatan Mahasiswa Lises Unpad yang sering ditampilkan dalam berbagai acara penyambutan, seremonial dan pagelaran, baik di lingkungan Unpad maupun di luar kampus. Tarian Ronggeng Panggung menggambarkan tarian pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang ditampilkan dalam bentuk hiburan.

Tarian Ronggeng Panggung diciptakan oleh Oga Wilantara, seorang pegiat seni Sunda dan aktivis di Ikatan Alumni Lingkung Seni Sunda Universitas Padjadjaran. Tarian ini diciptakan Oga saat masih menjadi mahasiswa dan aktif di UKM Lises Unpad sekira awal tahun 1990-an.

Oga Wilantara.*

Menurut Oga, tarian segar dan ceria ini menggambarkan tari pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang ditampilkan secara berpasangan dan bertujuan sebagai hiburan.

“Gerakan-gerakan dalam tari ronggeng panggung diambil dari unsur tari ketuk tilu, jaipongan, dan pencak silat,” ujar Oga, anggota Lises Unpad Angkatan Mundinglaya Dikusumah di Buruan Manglayang belum lama ini.

Oga menambahkan, bagi laki-laki biasanya menggunakan kostum di antaranya pangsi, iket, beubeur, serta golok sebagai tambahan properti. Sedaangkan untuk perempuan biasanya menggunakan kebaya, sinjang selutut, beubeur, sampul, serta aksesoris lain seperti bunga yang biasa ditaruh di kepala.

This image has an empty alt attribute; its file name is 24703363-5b2a-4f13-b5ae-4e17b8dbee53.jpg

Setelah sekira hampir 29 tahun ditampilkan, menurut Oga ada beberapa perubahan dari unsur gerak dan tari yang perlu diperbaiki dan dikembalikan kepada bentuk aslinya ketika pertama kali diciptakan. Selain itu, memungkinkan pula untuk membuat gerakan-gerakan baru selama tidak mengubah filosofi dan konsep yang dia ciptakan dahulu. Oleh karena itu, Oga mengajak kepada anggota Lises Unpad, alumni Lises Unpad, dan siapapun yang tertarik di bidang kesenian untuk hadir dalam acara coaching clinic di Sekretariat Lises Unpad, Jumat (16/8/2019) mendatang.

Hayu hadir di Coaching Clinic bersama IKA Lises Unpad. Kita diskusi bareng tentang seluk-beluk tari Ronggeng Panggung ini,” seru Oga, mengajak keluarga besar Lises Unpad dan siapaun yang tertarik dengan dunia seni untuk hadir Jumat depan.

Pengen tahu dan penasaran? Yuk ah ikutan! (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: