METRUM
Jelajah Komunitas

Covid-19: Dari Pandemi ke Endemi?

SEJAUH ini, banyak hal yang berubah saat Covid-19. Salah satunya isu dimana pandemi akan beralih menjadi endemi. Dalam status endemi, nantinya Covid-19 akan dianggap sebagai virus biasa yang tidak membutuhkan penanganan khusus lagi. Pemerintah menyampaikan agar kita dapat hidup berdampingan dengan Covid-19 tanpa harus merasa panik apabila virus ini menimpa kita ataupun orang terdekat kita.

Endemi merupakan penyakit yang kita ketahui ada dan terjadi pada banyak orang di wilayah-wilayah tertentu, sehingga dapat diprediksi juga penyebaran dan penularannya.

Lalu apakah sekarang Covid-19 sudah dinyatakan sebagai endemi?

Menurut para ahli, pernyataan ini dapat dicapai dalam waktu dekat dan masih berupa kemungkinan.

Endemi akan merubah pandangan banyak masyarakat bahwa Covid-19 merupakan penyakit biasa dan bukan yang mematikan seperti pada awal pandemi. Stigma masyarakat secara psikologis sudah berubah dan tidak melihat penyakit ini sebagai sesuatu yang menakutkan karena sudah berhasil ditemukan obat dan juga vaksin Covid-19.

Meskipun begitu, kita harus tetap memperhatikan protokol kesehatan kita, tetap menjaga kebersihan diri, dan menyegerakan vaksinasi sebagai salah satu langkah awal menuju tatanan hidup baru. Jika nantinya ada kemungkinan masker tidak diwajibkan lagi, masker akan tetap berguna jika dipakai di tempat ramai, untuk menghindari tularan penyakir dan dipakai di wilayah yang memiliki polusi udara tinggi. (Muhammad Rifki Aldiya/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.