METRUM
Jelajah Komunitas

Criterium Dauphine 2023: Mikkel Bjerg Rebut Kaus Kuning

BELMONT-DE-LA-LOIRE, PRANCIS (METRUM) – Unggulan utama Jonas Vingegaard juara Tour de France 2022 memang tidak menjadi pemenang etape IV nomor ITT 31 km pada Rabu (7/6/2023), namun pembalap Denmark dari tim Jumbo Visma yang menempati urutan kedua ITT ini tampaknya akan sulit dibendung menjadi juara Criterium du Dauphine edisi ke-75/2023 yang akan berakhir Minggu (11/6/2023) di Grenoble, Prancis karena rute tanjakan akan menghadang di akhir pekan dan para pesaing berat Jonas sudah ketinggalan skitar 30 detik.

Pada etape IV nomor ITT 31 km di Belmont-de-la-Loire, tampil sebagai pemenang atlet Denmark lainnya Mikkel Bjerg (24) UAE Team Emirates juara dunia U-23 ITT tiga kali (2017, 2019, 2020) dengan waktu tercepat 37 menit 28 detik, sedangkan Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark) di urutan kedua terpaut tipis 12 detik dan ketiga Remi Cavagna (Soudal Quick Step/Prancis) + 27 detik.

Sementara pemegang kaus kuning Christophe Laporte (Jumbo Visma/Prancis) di nomor ITT ini menempati urutan ke-21 (+ 1 menit 50 detik) sehingga kaus kuning (pimpinan klasemen) setelah etape IV kini dikuasai Mikkel Bjerg (UAE Team Emirates/Denmark), kedua Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark) + 12 detik, ketiga Fred Wright (Bahrain Victorious/Inggris) + 34 detik. Sedangkan Laporte posisi klasemennya turun ke-12 (+ 1 menit 27 detik).

“Tentu saya inginya menenangi etape IV nomor ITT sekaligus memakai kaus kuning yang tadinya dpegang rekan setim Christophe Laporte (Jumbo Visma/Prancis). Namun Mikkel Bjorg rekan senegara di UAE Team Emirates yang spesialis ITT tampil hebat, prestasinya menjadi juara dunia 3 kali U-23 nomor ITT dibuktikan kali ini, saya ikut bangga sesama atlet Denmark bisa menjadi pemenang di Criterium Dauphine nomor ITT dan kini Mikkel merebut kaus kuning,” ungkap Jonas.

Sementara Mikkel Bjorg yang kini merebut kaus kuning mengatakan amat gembira akhirnya bisa menang etape pertama kali sebagai pembalap pro divisi 1.

“Ini prestasi yang saya dambakan memenangi etape di level pro pertama kali dan menguasai kaus kuning di lomba bergengsi Criterium Dauphine 2023, smoga saya bisa bertahan memakai kaus kuning kebanggan setidaknya di dua etape kedepan sebelum rute tanjakan menanti, saya akan kesulitan karena kurang tangguh di tanjakan,” ujar Mikkel Bjorg.

Kamis (8/6/2023) etape V, rute perbukitan (Cormoranche – Salins les Bains 191 km). (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.