METRUM
Jelajah Komunitas

Deretan Makanan yang Harus Dihindari Saat di Pesawat

JIKA mendengar “Makanan Pesawat”, Anda pasti akan mendengar rintihan orang yang ingin menjauh darinya.

Padahal di bandara sendiri sudah menawarkan fasilitas makanan siap saji dan camilan yang dapat Anda bawa bersama saat penerbangan.

Sayangnya, banyak dari makanan tersebut tidak boleh Anda makan di pesawat, baik untuk kesehatan maupun menghindari cara agar tak mengganggu penumpang lain.

Dilansir dari Mashed, Sabtu 21 April 2018 lalu, inilah beberapa makanan di pesawat yang harus Anda hindari sampai penerbangan Anda mendarat.

Air yang berasal dari tangki

Jika seorang pramugari mengatakan tidak boleh minum air di pesawat, mungkin ada alasan yang bagus.

Ternyata tangki penampungan untuk air dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan biasanya tidak dibersihkan lebih dari sekali setahun.

Bahkan setelah dilakukan pembersihan dan pengujian ketat, 12 persen dari pesawat komersial masih diuji positif untuk bakteri coliform (bakteri yang sering ditemukan di feses).

Namun saat ini, air botolan lebih diutamakan.

Minuman panas

Sesuai dengan tema minuman yang penuh dengan bakteri, minuman panas juga dilarang.

Karena air yang digunakan untuk membuat kopi dan teh berasal dari tangki air yang sama yang jarang dibersihkan, Anda mungkin menghirup uap yang dipenuhi bakteri coliform.

Berterimakasihlah jika di bandara terdapat Starbucks.

Yogurt

Jangan makan yogurt yang berlapis aluminium foil di pesawat. Wadah itu akan meledak seperti balon begitu Anda berada di udara.

Permen Karet

Permen karet mungkin tampak seperti pilihan terbaik dalam pesawat. Makanan ini bukanlah dan makanan berat dan harus dicerna.

Menurut Dr. Robynne Chutkan, seorang gastroenterologist, permen karet dapat menyebabkan kembung karena mereka tidak diserap usus kecil, sehingga mereka difermentasi di usus besar.

“Banyak udara, maka akan menyebabkan gas dan kembung. Belum lagi pemanis buatan itu juga bisa menyebabkan diare,” ujarnya.

Alkohol

Bukan rahasia bahwa alkohol memiliki efek dehidrasi pada tubuh, tetapi meminumnya saat di penerbangan bisa jadi hal buruk.

Karena kelembaban rendah di kabin pesawat, terkadang Anda merasa agak kering di pesawat, sehingga jika Anda meminumnya, Anda akan merasakan dehidrasi yang tinggi.

Makanan pesawat

Ketika Anthony Bourdain ditanya oleh Bon Appetit, makanan apa yang ia makan saat berada di pesawat, dia menjawab “Tidak pernah. Tidak ada yang pernah merasa lebih baik setelah makan makanan pesawat …”

Dan itu tentang bagaimana perasaan kebanyakan orang. Tapi kenapa ini begitu buruk?

Salah satu alasannya adalah bahwa selera penumpang terpengaruh saat di udara, sehingga tidak bisa merasakan rasa asin dan manis seperti biasanya, jadi semuanya terasa hambar.

Kopi

Selain air kotor yang digunakan untuk membuat kopi pesawat terbang, bahkan kopi bukanlah ide terbaik untuk berada di pesawat.

Seperti alkohol, kopi juga memiliki efek dehidrasi pada tubuh, dan itu juga dapat mengakibatkan iritasi pada kandung kemih.

Tidak ada yang menginginkan kandung kemih yang terganggu saat terbang.

Apel dan Jeruk

Apel dan jeruk mungkin bukan makanan pesawat terbaik.

Serat dalam apel dapat membuat Anda mengandung gas, sedangkan keasaman dalam jeruk dapat memberi Anda mulas.***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: