METRUM
Jelajah Komunitas

In Memorium Pele 1940-2022: Legenda Sepakbola Brasil Tutup Usia karena Kanker

DUNIA sepakbola berduka, Pele legenda sepakbola Brasil yang menjadi satu satunya pemain yang meraih tiga kali gelar juara dunia sepakbola 1958, 1962 dan 1970 bersama timnas Brasil meninggal dunia di rumah sakit Albert Einstein Hospital, Sao Paolo – Brasil, Kamis (29/12/2022) pada usia 82 tahun setelah dirawat akibat sakit kanker yang dideritanya sejak 2021.

Pele masuk rumah sakit lagi jelang Piala Dunia Qatar 2022 dan kondisinya sempat membaik namun pada seminggu terakhir kondisinya memburuk akibat komplikasi dan akhirnya para dokter yang merawat Pele tak mampu menyelamatkannya.

Putrin Pele, Kely Nascimento yang selalu memberi update perihal kondisi ayahnya di rumah sakit memberi kabar duka kepada Sky Sport Brasil, ”Ayah kami tercinta telah meninggalkan kita semua dengan tenang, love, love and love forever,” ungkap Kely.

“Semoga inspirasi dan prestasinya di sepakbola Brasil dan dunia akan menjadi kenangan abadi bagi generasinya dan generasi penerusnya, rest in peace. Kami mencintaimu selamanya,” tambahnya.

Sebagai ungkapan bela sungkawa bagi almarhum Pele, pahlawan sepakbola Brasil. Pemerintah Brasil mengumumkan tiga hari berkabung.

Pada penampilanya di 3 Piala Dunia, Pele mencetak 12 gol dan membuat 10 assist serta menjadi pemain termuda hingga kini yang mencetak gol pada usia 17 tahun pada 1958 ketika Brasil menjadi juara dunia pertama kali mengalahkan tuan rumah Swedia. Pele mencetak 77 gol selama 92 penampilanya bersama timnas Brasil, rekor ini disamai Neymar, generasi muda Brasil pada Piala Dunia 2022 Qatar.

Pele lahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento, tahun 1940 di keluarga miskin di Kota Sao Paolo. Karir sepakbolanya sejak awal dimulai di Klub Santos dan tidak penah pindah klub, membawa Santos menjadi juara Brasil 6 kali. Kecuali setelah pensiun sempat direkrut klub Cosmos, New York untuk membantu mempopopulerkan sepakbola di AS.

Selamat jalan Pele, prestasi dan kemampuanmu mengelola bola ibarat magic akan selalu dikenang sepanjang masa. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: