METRUM
Jelajah Komunitas

Indonesia Masuk Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023

JAKARTA – Indonesia mendapat undian menantang pada babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Dari hasil undian yang berlangsung Kamis (24/2/2022) di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, Indonesia berada di Grup A.

Indonesia akan berada satu grup bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal pada rangkaian pertandingan yang berlangsung pada 8-14 Juni 2022 di Kuwait. Jika melihat perjalanan timnas asuhan pelatih Shin Tae Yong, berada satu grup bersama Yordania dan Kuwait tentu tidaklah mudah.

Melawan Yordania, Indonesia belum pernah menang dalam empat pertemuan sejak 2004 di semua turnamen. Pada pertemuan terakhir Juni 2019, timnas yang saat itu dinakhodai Pelatih Simon McMenemy kalah telak 1-4.

Melawan Kuwait pun tidak berbeda. Dari enam pertemuan, Skuad Garuda baru pernah mencatatkan satu kemenangan pada Piala Merdeka 1980 di Malaysia. Saat itu, Indonesia menang tipis 2-1.

Satu-satunya peluang besar adalah melawan Nepal. Dari catatan pertemuan, kedua negara ini baru bertemu satu kali pada 2014 di laga persahabatan yang berlangsung di Indonesia. Ketika itu, Timnas Merah Putih menang 2-0.

Meskipun begitu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tetap optimistis timnas akan mampu lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Asalkan, kuncinya tetap dipegang dan diterapkan yakni kerja keras, fokus, dan berjuang, hingga tetes keringat terakhir.

“Meski berat, tapi kami tetap yakin bisa bersaing di Grup A. Asalkan pemain kerja keras, fokus, dan berjuang demi lolos ke Piala Asia 2023 di Cina setelah sekian lama absen,” ujarnya.

Pada babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 ini, Indonesia akan memulai perjalanannya dengan menantang tuan rumah Kuwait pada 8 Juni 2022. Selang tiga hari, 11 Juni 2022, Indonesia akan bertemu Yordania dan pada 14 Juni 2022 menghadapi Nepal.

Juara grup dan lima peringkat kedua terbaik otomatis akan mendapatkan tiket putaran final Piala Asia yang akan berlangsung 2023 di Cina. Sebelas tim yang lolos dari babak kualifikasi ini akan bergabung dengan 13 negara lain yang sudah terlebih dahulu memastikan tempat di putaran final. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.