METRUM
Jelajah Komunitas

Kenapa Air Laut Tidak Boleh Diminum?

PERNAH gak sih kamu berpikir kenapa masih banyak daerah yang kesusahan air untuk diminum, kenapa tidak minum air laut saja? Padahal kan banyak?

Air laut memang memiliki rasa yang asin, tetapi meskipun kita memiliki toleransi rasa asin yang tinggi, kita tidak boleh meminum air laut karena dapat memberikan efek buruk bagi tubuh.

Sebelum membahas tentang bahaya air laut, mari pelajari dulu kenapa air laut rasanya asin.

Semuanya terjadi dalam waktu yang tidak singkat, butuh jutaan tahun lamanya untuk membuat ait laut dengan kandungan garam yang tinggi. berawal dari air hujan yang mengandung karbondioksida, yang berasal dari udara dan bercampur dengan air, sehingga membentuk asam karbonat. Kemudian hujan turun dan mengikis bebatuan yang mengandung mineral atau garam. Lalu air hujan mengalir terus hingga ke sungai, danau hingga ke laut.

Sungai dan danau juga memiliki kandungan garam, tapi tidak sebanyak laut, jadi kita tidak merasa asin ketika meminum air dari sungai atau danau.

Lantas  yang membuat air laut bahaya untuk dikonsummsi adalah kandungan garamnya yang sangat tinggi, hal ini akan sulit dicerna oleh tubuh, karena kandungan garam yang dimiliki oleh air laut 75% lebih besar dari kandungan garam yang dapat dicerna oleh tubuh.

Menurut seorang ilmuwan yang bernama Robert Voss, Jika kamu minum air laut, garam akan diserap ke dalam darah bersama dengan air. Itu akan membuat darahmu terlalu asin. Jadi, ginjal kamu harus menghilangkan garam. Tetapi untuk melakukan itu mereka perlu menggunakan lebih banyak air, itu sebabnya minum air laut hanya akan membuat kamu lebih haus. Bahkan, dapat mengakibatkan sakit jika terlalu sering meminumnya.

Meskipun orang tidak bisa minum air laut, beberapa mamalia laut (seperti paus dan anjing laut) dan burung laut (seperti camar dan elang laut) bisa minum air laut. Mamalia laut memiliki ginjal yang sangat efisien, dan burung laut memiliki kelenjar khusus di hidung mereka yang menghilangkan garam dari darah.

Jadi buat kamu yang tidak segaja meminum air laut, lebih baik langsung banyak meminum air mineral untuk tetap menjaga cairan tubuh. (Mohamad Alfin Ramadian/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: