METRUM
Jelajah Komunitas

Komunitas Bike to Sixteen (SMAN 16 Bandung)

MENJAMURNYA komunitas sepeda di Kota Bandung diikuti oleh berdirinya komunitas sepeda di lingkungan sekolah. Salah satu komunitas sepeda para pelajar berseragam putih abu-abu yang terbilang aktif berkegiatan adalah Bike to Sixteen. Komunitas sepeda SMAN 16 ini resmi berdiri Agustus 2011. Berangkat dari empat pelajar yang memiliki hobi yang sama yaitu Rizqy Ramdani, M Ihsan, Niko Mahardika, dan Ahmad, maka lahirlah komunitas sepeda Bike to Sixteen.

Kegiatan yang dilakukan Bike to Sixteen dimulai dari kesenangan mereka berkumpul tiap Jumat sore di Taman Cikapayang Dago bersama komunitas sepeda Bike to Work (B2W) Bandung. Agenda berkumpul itu kemudian dirutinkan setiap Sabtu dengan bersepeda bersama ke sekolah. Pemilihan hari itu dimungkinkan karena pada hari Sabtu, mayoritas pelajar SMAN 16 hanya mengikuti pelajaran ekstrakurikuler dan waktunya pun hanya setengah hari.

Aktivitas bersepeda mereka ternyata mendapatkan tanggapan positif dari pihak sekolah. Bike to Sixteen kemudian diresmikan di lapangan upacara dan sejak saat itu terpilih secara resmi sebagai ketua adalah M. Ihsan yang kini duduk di kelas XI IPA 5. 

Sebagai komunitas resmi, ditunjuklah Taufik sebagai pembimbingnya yang tidak lain adalah wakil kepala sekolah SMAN 16 merangkap guru olah raga. Dari hanya empat orang, Bike to Sixteen kini telah memiliki anggota lebih dari 20 orang.

Salah satu anggota Bike to Sixteen yang cukup dikenal di kalangan pesepeda Bandung adalah Reno Trigius. Reno adalah seorang atlet sepeda binaan BBC Cycling Club semenjak ia berusia 14 tahun. Pada saat usia 15 tahun, Reno berhasil merebut juara III kelas pemula pada Kejuaraan Sepeda Antarkota dan juara III di Kota Baru Parahyangan. 

Reno juga meraih juara pertama pada ajang Warban Cup 2010 yang digelar oleh B2W Bandung pada kelas MTB Under Age dengan catatan waktu 11 menit 55 detik. Ajang balap sepeda yang pernah diikutinya adalah Kejurnas Tanjakan XXXII 2011 yang diadakan oleh Harian Umum Pikiran Rakyat meski gagal meraih juara karena beratnya para pesaing. 

Tularkan ”virus” bersepeda

Kegiatan Bike to Sixteen yang pernah dilakukan adalah bersepeda bersama Ibu Gubernur Jawa Barat sekaligus meramaikan acara B2W Day pada 23 September 2011 lalu. Sebagai ketua Bike to Sixteen, Ihsan juga berencana akan terus memperkenalkan aktivitas bersepeda terutama pada siswa baru seperti pada acara Masa Orientasi Siswa (MOS). Dia pun berharap dapat mengundang perwakilan komunitas sepeda Bandung untuk mengisi gelar wicara tentang sehatnya bersepeda ke sekolah. Program lainnya adalah rencana gowes ke museum-museum yang ada di kota Bandung.

Para pengurus Bike to Sixteen juga memiliki harapan agar mereka tidak hanya mendapat dukungan secara moril dari semua pihak tetapi juga materil seperti penyediaan parkir sepeda di sekolah. Paling tidak, dengan adanya parkir sepeda, halaman sekolah akan lebih enak dilihat dan siapa tahu juga akan mengundang siswa lain yang belum bersepeda agar mau bersepeda.

Baik Reno, Rizqy, maupun Ihsan merasakan manfaat yang luar biasa dari bersepeda. Mereka menyatakan menjadi tidak mudah sakit, lebih segar, bugar, dan merasa nyaman saat bersepeda. Reno mengatakan bahwa dengan bersepeda dirinya bisa memotivasi siswa-siswa lainnya untuk mau bersepeda. Hal itu pula yang didasari Ihsan saat berhasil mencapai puncak ketinggian tertentu dengan bersepeda dan langsung berfoto untuk ditunjukkan kepada teman-temannya.

Taufik yang diamanahi sebagai pembimbing Bike to Sixteen, sangat berharap agar komunitas sepeda ini agar terus dikembangkan dan jangan sampai menghilang. Semoga saja dengan adanya komunitas sepeda di sekolah seperti Bike to Sixteen ini, jumlah pesepeda yang ke sekolah akan semakin banyak. (Sumber: “PR”, 26/2/12)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: