METRUM
Jelajah Komunitas

Komunitas Freeride British Columbia

EVOLUSI sepeda terutama sepeda gunung menarik untuk diperhatikan. Dalam 40 tahun evolusi sepeda gunung, bentuk sepeda gunung pun berubah jauh dari akarnya. Bentuk sepeda yang awalnya meng­adopsi sepeda beach cruiser berevolusi hingga ke sepeda gunung modern seperti terlihat saat ini.

Perkembangan awal sepeda gunung bermula dari California atau Colorado, Amerika Serikat. Tokoh-tokoh pionir sepeda gunung seperti Joe Breeze, Gary Fisher, dan Charlie Kelly berasal dari sana, mereka menuruni Gunung Tamalpais di Marin County. Pengguna­an sepeda gunung masih berkembang tidak berbeda jauh dari akarnya tersebut.

Lintasan legendaris seperti Gunung Mammoth, Big Bear, Vail, dan lain-lain masih menyajikan jalanan yang lebar dan kecepatan tinggi. Event Kamikaze di Gunung Mammoth misalnya, mencatat rekor kecepatan tertinggi 110 kilometer/jam oleh Jimmy Deaton

Namun, wajah sepeda gunung berubah pada akhir dekade 1990-an. Komunitas sepeda gunung di British Columbia mulai memain­kan sepeda gunung di tempat yang sama sekali berbeda. Pesepeda gunung seperti Wade Simmons, Andrew Shandro, dan lain-lain mulai memainkan sepeda gunung mereka dalam hutan subtropis yang mendominasi lansekap British Columbia. Ramp dan lompatan mereka buat sebagai syarat dari Dinas Kehutanan setempat untuk mengurangi erosi akibat sepeda gunung.

Sejak itulah kecepatan tinggi yang mewarnai sepeda gunung berganti menjadi ”seni” bersepeda gunung dengan lompatan, tanggul lintasan (berm), drop, dan gap dengan irama yang mengalir menampilkan keindahan bersepeda gunung atau melakukan trik seperti backflip, scrub, no hander, dan lain-lain.

Saat itu, memang komunitas sepeda British Columbia berani tampil beda dari komunitas sepeda lainnya. Di saat pesepeda gunung lain beradu cepat di lintasan yang terbuka dan relatif mulus, mereka memilih menghilang ke dalam hutan. Tangan mereka kapalan oleh pekerjaan kayu untuk membuat rintangan seperti jembatan, lompatan, drop, hingga papan jungkitan. Imajinasi mereka tentang lintasan sepeda gunung memang tidak terbayang di belahan dunia lain.

Selain di dalam hutan milik negara dan milik pribadi, tahun 1998, sebuah resor ski yang berlokasi 125 kilometer sebelah utara Vancouver dibuka untuk kegiatan sepeda gunung di musim panas. Resor  ini berkembang hingga di tahun 2014 ini memiliki 47 ­lintasan dengan panjang lebih dari 250 kilometer. Resor itu mengambil nama dari dua gunung yang dikelolanya, yaitu Whistler dan Blackcomb.

Sejak 2004, Whistler Blackcomb menyelenggarakan Crankworx, sebuah festival sepeda gunung freeride yang menjadi acuan ­pesepeda gunung dari disiplin itu. Event ini memang menggambarkan freeride secara umum. Festival ini mempertandingkan kompetisi pump track, enduro, dan slopestyle selain nomor downhill. Tahun ini Crankworx juga diselenggarakan di Rotorua, ­Selandia Baru dan Les 2 Alpes, Prancis selain di Whistler.

Perubahan gaya bersepeda membutuhkan alat yang berbeda ­pula. Beruntung Kanada memililki beberapa pabrikan sepeda berkualitas seperti Race Face (sekarang Raceface), Rocky Mountain, Norco, dan Syncros. Ini yang membuat gayung bersambut.  Pabrikan sepeda dan komponen dari Kanada mempersenjatai ­pesepeda gunung mereka dengan komponen yang lebih kuat untuk menaklukkan trek yang lebih berat itu.

Penggunaan yang berbeda membuat prioritas pengembangan komponen desain pun berbeda pula. Sebelum dekade 2000-an pabrikan komponen sepeda berlomba menawarkan komponen dengan bobot seringan mungkin dalam tampilan yang centil ­dengan warna anodisasi aluminum yang mencolok, maka pada dekade 2000-an komponen sepeda tersedia dengan desain yang kokoh dan warna lebih moderat dengan teknik cat bubuk (powder coating).

Saat ini British Columbia sudah menjadi salah satu pusat sepeda gunung dengan resor di daerah ini menjadi tujuan pesepeda gunung di seluruh dunia. Tidak kurang dari 100.000 pengunjung ­selama musim panas setiap tahunnya mendatangi resor ini. Whistler adalah resor terbesar di Provinsi British Columbia, selain resor tersebut, terdapat lebih dari 25 bike park yang tersebar di berbagai daerah di provinsi itu.

Komunitas sepeda di British Columbia membuktikan, kreativitas masing-masing daerah dapat menentukan arah perkembangan dunia sepeda gunung. (Goestarmono, Sumber: Pikiran Rakyat 23-11-2014)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: