METRUM
Jelajah Komunitas

Lima Ilmuwan Islam yang Mempengaruhi Dunia

PADA masa kejayaan Islam pada era 780 M – 1258 M, banyak ilmuwan yang berkontribusi di bidang ilmu pengetahuan. Ilmuwan-lmuwan ini berhasil membawa perubahan dunia di berbagai aspek. Sejumlah disiplin ilmu juga lahir dari ilmuwan-ilmuwan Muslim, sebut saja penemuan aljabar, trigonometri, hingga bidang kedokteran.

Kita sering kali membaca sejarah tentang penemu-penemuan hebat di dunia ini dalam hal tekonologi atau ilmu pengetahuan lainnya. Namun sudah tahukah Anda bahwa hampir sebagian besar penemuan-penemuan hebat di bidang ilmu pengetahuan ditemukan oleh para ilmuan muslim pada zaman tersebut. Berikut beberapa ilmuan muslim sekaligus penemuannya:

1. Ibnu Sina (Avicenna)

Ibnu Sina (Sumber: idntimes.com).*

Dia adalah seorang filsuf yang terkenal di dunia medis. Dia bahkan dijuluki sebagai bapak Kedokteran Modern. Dua karyanya yang paling berpengaruh adalah ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine. Keduanya kini dipakai sebagai rujukan standar ilmu medis di seluruh dunia.

2. Al – Zahrawi

Al Zahrawi (Sumber: Islami.co).*

Sama seperti Ibnu Sina, Al – Zahrawi juga berkutat di bidang medis. Dia adalah Bapak ilmu bedah modern. Dia berhasil mengenalkan catgut (benang) sebagai alat untuk menutup luka. Selain itu, dia juga menyusun buku At-Tasrif liman Ajiza an at-Ta’lif yang menjadi rujukan para dokter hingga sekarang. Di dalamnya, Al – Zahrawi menuliskan hal-hal yang terkait tentang bedah, penyakit, dan temuan-temuannya berupa alat kedokteran.

3. Al – Khawarizmi

Al – Khawarizmi (Sumber: Prezi.com).*

Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi adalah ahli matematika Islam yang dikenal sebagai penemu aljabar. Selain itu, ilmuwan asal Persia ini juga menemukan algoritma dan sistem penomoran. Al-Khawarizmi juga dikenal ahli di berbagai bidang, seperti astrologi dan astronomi.

4. Abbas ibn Firnas

Abbas ibn Firnas (Sumber: aertecsolutions.com).*

Selama ini mungkin kita hanya mengenal Wright bersaudara sebagai orang pertama yang menemukan pesawat terbang sekaligus manusia pertama yang berhasil terbang. Padahal pada tahun 9 Masehi, Abbas ibn Firnas sudah berhasil mendesain alat yang memiliki sayap untuk terbang layaknya kostum burung. Alat tersebut dibuat dengan perhitungan dan penelitian yang rumit. Pada waktu percobaannya, ia berhasil terbang cukup jauh hingga kemudian jatuh dan mematahkan tulang belakangnya. Ia kemudian menginspirasi ilmuwan barat untuk mengembangkan pesawat.

5. Ibnu Al Haytham

Al Haytham (id.wikipedia.org).*

Ia dikenal sebagai Bapak Optik Modern. Karyanya yang terkenal adalah Kitab al-Manazir (Book of Optics) yang hingga kini diakui sebagai rujukan ilmu optik. Al Haytham berhasil menjelaskan bagaimana cara kerja optik mata manusia dalam menangkap gambar secara detail. Ia juga memberikan kontribusi dengan melakukan penelitian terhadap lensa, cermin, dan dispersi cahaya. (Iqbal Aziz/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: