METRUM
Jelajah Komunitas

Lima Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan

SEPERTI halnya benda elektronik yang butuh istirahat saat digunakan dalam waktu yang lama, tubuh dan pikiran kita pun demikian. Sayangnya, Begadang sudah menjadi kebiasaan buruk yang sering orang lakukan  karena alasan susah tidur, mengejar deadline pekerjaan dan keasikan bermain game.

Selain mengakibatkan munculnya rasa kantuk pada keesokan harinya, ternyata begadang juga bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan.

Nah, berikut beberapa akibatnya.

1. Sistem kekebalan tubuh menurun

Saat tidur, tubuh berusaha untuk mengembalikan kualitas sistem imun tubuh. Jika Anda tak memiliki waktu tidur yang cukup, sistem imun tubuh akan menurun sehingga Anda lebih mudah terserang penyakit apalagi saat pandemik seperti sekarang ini.

2. Kebiasaan makan malam

Begadang dapat membuat kamu mengonsumsi lebih banyak makanan di malam hari, hal ini disebabkan adanya peningkatan hormon ghrelin, Kondisi ini biasanya muncul akibat perasaan layaknya mengidam makanan yang terjadi untuk memenuhi kebutuhan energi agar dapat tetap terjaga. Pada akhirnya kebiasaan buruk ini akan terus terulang berkali-kali dan ada kecenderungan bahwa orang yang begadang umumnya mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti berlemak tinggi dan kalori, seperti gorengan.

3. Menurunkan kemampuan otak

Efek dari begadang pun bisa menurunkan fungsi otak dan daya pikir berkurang. Oleh karena itu, otak perlu untuk istirahat layaknya benda elektronik, karena kurang tidur dan begadang dapat menurunkan kreativitas, fokus dan respon.

4. Mengakibatkan penyakit jantung

Pada saat begadang, orang cenderung untuk selalu ingin makan, ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon ghrelin dan penurunan kadar leptin dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon akibat terlalu sering begadang ini lama-kelamaan dapat menyebabkan kegemukan pada pelakunya. Kegemukan atau obesitas merupakan pemicu utama terjadinya hipertensi, dan hipertensi sendiri menjadi penyebab utama berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

5. Membuat stres

Stres yang banyak ditemukan karena kecemasan dan beban pikiran yang berlebihan turut berperan sebagai penyebab terjadinya gangguan tidur. Stres yang tidak segera ditangani berujung pada depresi, ditambah lagi dengan insomnia yang menjadi dampaknya. Oleh sebab itu, hal yang baik adalah memperbaiki waktu tidur dan pola hidup yang sehat. (Fories/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: