METRUM
Jelajah Komunitas

Lima Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara

ANEKA rasa kuliner Indonesia jadi sajian yang dirindukan sebagian orang. Kekayaan rempah-rempah pada bumbunya, tak hanya buat ketagihan lidah masyarakat tanah ait, tapi juga penduduk mancanegara. Lebih jauh, makanan ini kian mengharumkan nama bangsa. Berikut deretan makanan tersebut.

1. Rendang

Rendang (Sumber foto: Travistory).*

Padatahun 2017, CNN memberikan urutan 50 makanan terenak di dunia. Rendang menjadi salah satu makanan yang menduduki peringkat pertama dengan kekhasan bumbu dan daging yang empuk. Divoting melalui Facebook, rendang merain 35.000 voting untuk jadi makanan terenak di dunia.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng (Sumber: pinterest).*

Jika rendang berhasil duduk di posisi pertama pada ajang itu, Nasi Goreng menduduki posisi ke dua yang banyak diminati. Tak hanya orang Indonesia, bahkan salah satu personil girl band Red Velvet, Seulgi pun mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai nasi goreng ketika mencicipinya.

3. Sate

Sate kambing (Sumber: sweettrip.id).*

Selain rendang dan nasi goreng, ada pula sate yang menduduki posisi ke-14 yang jadi makanan khas Indonesia paling disukai. Diolah dari daging sapi, ayam dan kambing, sate biasanya ditemani oleh bumbu kacang atau bumbu kecap dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Bahkan, di Amerika Serikat ada pula restoran yang menyediakan sate ayam dan jadi makanan andalanya di Satay Junction.

4. Gudeg

Nasi gudeg (Sumber: id.wikipedia.org).*

Berasal dari Yogyakarta, Gudeg tak hanya memanjakan lidah Indonesia, tapi juga penduduk dari negara lain. Campuran krecek, nangka dan telur yang disajikan dengan nasi itu pula jadi hidangan salah satu restoran yang berada di Melbourne, Australia.

5. Sop Buntut

Sop buntut (Sumber: Unilever food solutions).*

Kaldunya yang gurih buat siapapun pasti ketagihan ketika mencicipi Sop Buntut hangat dengan nasi. Potongan ekor sapi yang diracik dengan sayur wortel, tomat, dan seledri ini pula pernah menjadi santapan favorit di Kedutaan Besar Republik Indonesia yang terletak di Madrid, Spanyol. (Yudi Kurnia/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: