METRUM
Jelajah Komunitas

Lukisan Mural, Sulap Desa Sepi Jadi ‘Gallery Outdoor’ di Bulgaria

DENGAN populasi penduduk dibawah 500 orang, sebuah desa di Bulgaria wilayah selatan ini disulap menjadi sebuah galeri seni yang penuh dengan mural.

Jauh dari hiruk pikuk Manhattan, Desa Staro Zhelezare kini telah dicat dengan beberapa gambar paling terkenal dari New York’s Museum of Modern Art (MoMA).

Melansir Reuters, lukisan mural pisang karya Andy Warhol dan potret The Scream karya Edvard Munch merupakan beberapa contoh dari mural di desa ini.

Foto: Reuters

Hadirnya seniman-seniman itu mampu menyupal desa ‘sepi’ ini menjadi galeri terbuka yang spektakuler di tempat yang menjadi acara tahunan.

Ini adalah tahun keempat ketika para siswa dari Polandia melukis dinding Staro Zhelezare, sebuah proyek yang diluncurkan oleh wanita Polandia Katarzyna Piriankov dan suaminya kelahiran Bulgaria Ventzislav yang memutuskan tema kali ini adalah galeri New York.

“Kami selalu ingin membuat proyek kami atas dasar kontras dan absurditas, menghubungkan mereka dengan tempat-tempat khusus,” kata Piriankov.

Foto: Reuters

“Jadi, kami memutuskan untuk mengundang New York ke Staro Zhelezare dan orang-orangnya.

Mereka juga layak untuk melihat keindahan karya seni MoMA,” tambahnya.

Lukisan mural itu tentunya menarik perhatian tak hanya penduduk lokal saja. Ada wisatawan asing sengaja datang untuk melihat seni jalanan.

“Luar biasa,” kata Nigel Thompson dari Inggris.***

komentar

Tinggalkan Balasan