METRUM
Jelajah Komunitas

Makanan dan Minuman Sehat bagi Lansia

SALAH satu cara terbaik menjaga kesehatan tubuh, khususunya lansia adalah dengan Superfoods. Dengan memanfatkan nutrisi buah-buahan dan sayuran Superfoods ini, Anda akan memiliki kondisi tubuh yang sehat. Ingin tahu apa saja? Berikut ini daftarnya.

Kopi

Kopi ternyata memiliki manfaat baik bagi tubuh terutama untuk para lanjut usia. Penelitian The National Institutes of Health –AARP Diet and Health Study, menyatakan ternyata pada beberapa kasus orang-orang yang tidak mengalami serangan jantung, kesehatan pernapasan, stroke, cedera, diabetes itu justru terjadi pada orang-orang yang minum kopi.

Meskipun kopi bermanfaat, harap perhatikan gula saat menikmatinya. Waspada terhadap penggunaan gula dalam beberapa minuman kopi.

Dark Chocolate

Selama ini menikmati cokelat merupakan kemewahan tersendiri bagi banyak orang. Hanya saja selama ini mungkin Anda menikmati cokelat yang manis. Mungkin saat ini Anda harus konsumsi dark chocolate karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ilustrasi memakan coklat hitam untuk sarapan (muskoka411.com).*

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan tinggi. Manfaat bagi kesehatan di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan aliran darah ke otak, dan mencegah serangan jantung.

Salmon

Telah lama dikenal masyarakat luas kalau salmon merupakan salah satu Superfood terbaik untuk lansia. Salmon memiliki kandungan rendah lemak jenuh, kalori, dan protein tinggi.

Selain itu, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kadar kolesterol baik dan dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Wortel

Wortel menjadi makanan favorit  banyak orang. Karena manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan  mata. Faktanya di luar itu, menurut Parent Giving, wortel itu dengan kandungan beta-karoten, Vitamin (C dan E), dan seng.

Selain untuk, mata ternyata wortel untuk menurunkan kadar Alzheimer, karena tingginya kandungan Vitamin A dan antioksidan. Mulai sekarang rajin-rajinlah konsumsi wortel bisa langsung dimakan segar, campuran salad atau asinan, jus, smoothies, campuran sayuran, dan lainnya.

Apel

Apel merupakan buah-buahan yang sudah lama menjadi favorit untuk menjaga kesehatan. Apel masih menjadi favorit karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan dapat membantu menjaga kesehatan gula darah. Apel memiliki banyak kandungan potasium, antioksidan  dan Vitamin C.

Dengan banyaknya manfaat bagi kesehatan, Anda sudah seharusnya memasukkan ragam Superfood ini dalam daftar belanja Anda. Mulailah secara teratur konsumsi Superfood ini agar tubuh Anda tetap sehat. (Iqbal Aziz N/JT)***

komentar

Tinggalkan Balasan