METRUM
Jelajah Komunitas

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis

AWAL bulan suci Ramadan tahun 2019 di Indonesia resmi dimulai hari ini. Satu Ramadan, jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Umat Islam di Nusantara dan seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa dan tentunya menahan lapar serta haus dari mulai waktu Subuh hingga Magrib tiba.

Puasa merupakan suatu ibadah yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan meski tubuh tidak mengonsumsi makan dan minum. Lalu, apa sajakah manfaat berpuasa?

Dilansir dari Al Arabiya News, berikut adalah ulasannya.

Ketenangan hati dan pikiran

Bagi Umat Muslim, bulan puasa dimanfaatkan betul sebagai masa untuk memohon ampunan. Secara spiritual, umat muslim mendapat ketenangan dengan salat, pengendalian diri.

Kemudian, banyak juga yang memanfaatkan bulan puasa untuk bersedekah dan berkumpul dengan keluarga untuk mempererat tali silaturahmi. Hal itu tentunya dapat membangun rasa damai, ketenangan dan puas diri.

ILoveQatar.net

Meningkatkan lemak darah

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1997, di Annals of Nutrition Metabolism, menunjukkan bahwa puasa menurunkan kolesterol jahat LDL 8 persen, trigliserida 30 persen dan meningkatkan LDL 14.3 persen yang bisa melindungi jantung dari penyakit kardiovaskular.

Kemudian, banyak orang yang memilih makanan sehat seperti kurma, kacang-kacangan atau masakan rumahan yang tentunya memberi dampak baik untuk kesehatan.

Mengurangi ketergantungan

Bulan Ramadan mengajarkan kita untuk mengurangi ketergantungan dalam segala bidang seperti rokok.

Puasa mengajarkan cara pengendalian diri seharian penuh, dan Anda akan menyadari bahwa berhenti dari ketagihan sambil puasa tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Menurunkan berat badan

Jumlah konsumsi kalori secara keseluruhan akan menurun saat memasuki bulan Ramadan. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika kita berlebihan mengonsumsi makanan manis.

Untuk itulah, semua kaum Muslim dianjurkan untuk berpuasa karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selamat menunaikan ibadah puasa.(M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: