METRUM
Jelajah Komunitas

Menopause Dapat Sebabkan Alzheimer

MENOPAUSE dini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi perempuan. Menurut sebuah penelitian, penurunan kadar estrogen pada perempuan selama menopause menyebabkan perubahan metabolisme di otak yang dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. 

Dilansir dari Boldsky, ahli saraf mengatakan menipisnya kadar hormon menyebabkan penurunan elemen kunci saraf di otak perempuan, yang kemudian meningkatkan risiko terserang penyakit. 

“Temuan  menunjukkan jika hilangnya estrogen dalam menopause tidak hanya mengurangi kesuburan. Tetapi juga merupakan faktor kerentanan penuaan otak seperti penyakit Alzheimer,” kata peneliti utama Lisa Mosconi, Associate Professor di Universitas Cornell, AS.

Penurunan kadar estrogen juga memicu pergeseran “reaksi lapar”  pada sel-sel otak. Sebuah keadaan dimana metabolisme yang seharusnya bermanfaat dalam jangka pendek namun justru menjadi berbahaya dalam jangka panjang. 

Temuan ini juga mengungkapkan berkurangnya sel otak dan sel saraf di daerah otak perempuan yang sangat terpengaruh pada Alzheimer.

“Studi ini menunjukkan mungkin ada peluang kritis, ketika perempuan berada di usia 40-an dan 50-an, sulit untuk mengurangi risiko Alzheimer,” kata Mosconi. 

Mosconi mengatakan perempuan mungkin butuh antioksidan dalam melindungi aktivitas otak untuk mempertahakan kadar estrogen. 

Selain itu perubahan gaya hidup, termasuk lebih sering melakukan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari dan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti biji-bijian juga dapat membantu meningkatkan produksi estrogen. Studi baru ini dipublikasikan dalam jurnal PLoS One. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: