METRUM
Jelajah Komunitas

Orang Kurus Juga Bisa Terkena Diabetes

DIABETES seringkali dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang orang gemuk saja. Padahal, salah satu penyakit berbahaya ini juga bisa menjangkit mereka yang bertubuh kurus.

Menurut ahli endokrin di Jefferson City, Amerika Serikat, Christoper Case, faktor keturunan adalah penyebab orang kurus terkena diabetes.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, risiko terkena diabetes lebih tinggi tiga kali lipat pada orang dengan anggota keluarganya yang memiliki diabetes.

Namun, biasanya hanya diabetes tipe 1 yang dipengaruhi faktor genetik, di mana penyakitnya bisa diidap sejak lahir.

Melansir laman everydayhealth.com, diabetes tipe ini tidak mengenal status gizi dan dapat menyerang orang kurus maupun gemuk.

Penyebabnya adalah, karena kelenjar pankreas yang tidak mampu memproduksi hormon insulin yang cukup bagi tubuh. Akibatnya, gula darah berlebih tidak bisa diolah menjadi energi sehingga makin melonjak.

Perlu diketahui juga, orang kurus juga ternyata memiliki lemak yang berlebihan, terutama di perut. Lemak perut atau viseral adalah jenis lemak yang paling berbahaya, bahkan bisa menyebabkan diabetes tipe 2.(M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan