METRUM
Jelajah Komunitas

Pedersen Cetak Hattrick, Evenepoel Tak Tergoyahkan

TALAVERA DE LA REINA, SPANYOL (METRUM) – Juara dunia road race 2019, Mads Pedersen (tim Trek Segaferedo) membuktikan sebagai sprinter terbaik pada adu sprint finis masal Vuelta 2022 setelah kembali sukses memenangi etape XIX Sabtu (10/9/2022) WIB yang berlangsung dua lap seputer Talavera de la Reina menempuh jarak 138 km melewati dua kali tanjakan kategori 2.

Bagi sprinter asal Denmark ini merupakan hattrick merebut tiga etape Vuelta 2022 yaitu di etape XIII, XVI, dan XIX.

Pedersen pemegang kaus hijau (king of sprint) mengalahkan Fred Wright (Bahrain Victorious/Inggris) dan Gianni Vermeersch (Alpecin/Bekgia), sementara peloton termasuk pimpinan klasemen Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia) memasuki finis bersamaan dengan waktu sama 3 jam 19 menit 11 detik.

“Ini adalah sukses merebut kemenangan sprint yang sulit di etape XIX karena 2 kali melewati tanjakan kategori 2 yang lumayan berat. Saya bisa mencapainya berkat kerja keras rekan-rekan di tim Trek yang membuka sprint bagi saya dan mengejar grup kecil yang break away,” ungkap Mads Pedersen.

Dengan demikian tak ada perubahan di klasemen umum karena semua atlet papan atas klasemen tiba bersamaan di finis etape XIX dalam satu peloton besar sekitar 120 atlet. Atlet muda Remco Evenepoel (22) kokoh memimpin klasemen unggul 2 menit 7 detik atas runner up atlet tuan rumah Enric Mas (Movistar/Spanyol), ketiga Juan Ayuso (UAE Team Emirates/Spanyol) + 5 menit 14 detik.

Vuelta hingga etape XIX tinggal menyisakan dua etape lagi menuju finis akhir di Madrid, akhir pekan ini. Peluang atlet tuan rumah Enric Mas untuk bisa merebut kaus merah dari genggaman Evenepoel sangat berat karena tertinggal 2 menit 7 detik.

Profil rute etape XX, Vuelta 2022, Minggu (11/9/2022). (Grafis: La Flamme Rouge).*

“Enric Mas dan tim Movistar harus berjuang extra keras di etape XX rute tanjakan berat terakhir, karena lawan yang dihadapi Remco Evenepoel pemegang kaus merah yang kondisinya amat prima dan amat bersemangat sehingga akan sulit bagi Mas menutup defisit waktu 2 menit 7 detik,” jelas Alberto Contador  juara 3 kali Vuelta yang kini telah pensiun dan bertugas sebagai komentator ahli Eurosport.

Minggu (11/9/2022) WIB, etape XX rute tanjakan Moralzalzal –Puerto de Navacerrada 181 km, 5 tanjakan berat menghadang (Tiga kategori 1, satu kategori 2 dan satu kategori 3).

Tanjakan terakhir Puerto de Cotos (1.827 m) akan jadi penentu bagi Evenepoel untuk memastikan gelar juara Vuelta 2022 menjadi miliknya, sekaligus menjadi atlet Belgia pertama setelah vakum 47 tahun(1974) yang kembali bisa menjuarai Vuelta. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: