METRUM
Jelajah Komunitas

Perjalananku Bersama Forkom Bandung Raya

KEHADIRAN wadah gerakan bersepeda bernama Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya (Forkom Bandung Raya) menjadi wadah baru bagi saya dalam aktivitas melakukan gerakan ke-bike-an setelah menggeluti dunia bersepeda dan aktif di berbagai komunitasnya sejak tahun 2008 silam.

Mulai dari Bike to Work (B2W) Bandung, Sapeda Suka-Suka (SaSuSu), Bike to Campus (B2C) Bandung, Federal Bandung Indonesia (FBI), Gerakan Bandung Eco Transportasi, hingga Ce’es Beurat.

Forkom Bandung Raya sendiri dicetuskan usai perhelatan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Membangun Budaya Gerakan Bersepeda” oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung pada 29 November 2019 lalu di ruang pertemuan Hotel Malaka.

Saat itu, saya bersama teman pesepeda dari gerakan Bike Edukasi Roda Ria ditunjuk sebagai bagian dari panitia pelaksana kegiatan FGD tersebut sebagai koordinator komunitas dan registrasi peserta.

Selanjutnya, saya, Aris Yunanto dari FBI dan Kurnia Mulyana alias Pak Askuy dari Jajaran Dishub Kayuh Sepeda (Jadikasep) didaulat menjadi admin WhatsApp Grup (WAG) Forkom Bandung Raya sebagai media komunikasi dan informasi kegiatan bersepeda, yang mana anggotanya adalah perwakilan komunitas pesepeda yang ada di Bandung Raya.

Bergerak Bersama Forkom Bandung Raya (Foto: Rannu Kaznu).*

Awalnya hanya sekitar 150 komunitas pesepeda yang ikut gabung, terutama mereka yang hadir di kegiatan FGD di atas. Selanjutnya hampir setiap minggu bertambah seiring pergerakan aktif forkom. Saya pun menyusun database komunitas pesepeda yang tergabung dalam Forkom Bandung Raya.

Forum kian hidup setelah hadir sosok-sosok seperti Windu Mulyana, seorang pegiat sepeda harian, Ferlian Hady dari Jadikasep, dan Agus Septian dari Portal Sepeda. Kehadiran mereka memberi warna baru dalam pergerakan. Makin mudah berkolaborasi serta bersinergi dengan banyak pihak dan stake holder.

Selain Dishub, dukungan juga datang dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang kini bernama Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Dinas Pemuda dan Olahraga, dan juga media massa.

Portal Sepeda, media dimana saya menjadi salah satu kontributor dari 2019-2021, ownernya memberikan sebagian space gedungnya untuk kesekretariatan dan tempat sinergitas Forkom Bandung Raya.  

Sementara itu, atas kesepakatan bersama, Forkom Bandung Raya kemudian memiliki logo yang didesain oleh Yudi Yudiana, anggota komunitas pesepeda Bandung Lipat Kuning (Balikin).

Saya pun menyusun dokumen berbagai hal terkait Forkom Bandung Raya seperti Data Base Komunitas Pesepeda Bandung Raya, Data Logo-logo, Data Peristiwa Pesepeda Bandung Raya, Daftar Kegiatan, Surat-Surat, dan sebagainya.

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.