METRUM
Jelajah Komunitas

Rampung, Uji Coba Percontohan Pasar Bebas Plastik di Bandung dan Banjarmasin

EMPAT pasar di Bandung dan Banjarmasin telah merampungkan program uji coba pasar percontohan bebas plastik yang dimulai pada Februari 2021. Hasilnya, Pasar Kosambi dan Cihapit di Bandung mampu mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai sebanyak 11% dan 19%. Selain itu, terjadi penurunan serupa di Pasar Pekauman dan Pandu di Banjarmasin mencapai 18% dan 27%.

Hasil positif lain yang diraih oleh program ini adalah adanya perubahan perilaku dari pengunjung pasar. Pembeli yang membawa kantong belanja ramah lingkungan di empat pasar tersebut meningkat sebanyak 21%. Sebanyak lebih dari 600 pedagang di pasar-pasar ini mendapatkan pelatihan mengenai tata cara bertransaksi bebas plastik dengan pelanggannya.

Implementasi uji coba Pasar Bebas Plastik adalah kolaborasi Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) dan pemerintah kota setempat. Program ini mendukung Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) no. 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.

Dengan telah dirampungkannya program uji coba Pasar Bebas Plastik di dua kota ini, GIDKP akan membawa hasil pembelajaran ke pasar tradisional lainnya dan fokus untuk mengembangkan prototipe wadah yang lebih ekonomis, mudah dirawat dan dapat digunakan ulang untuk jenis komoditas basah ataupun kering.

Untuk itu, GIDKP juga akan melakukan Selebrasi Pembelajaran Kampanye #pasarbebasplastik di Bandung dan Banjarmasin pada hari Selasa 26 April 2022 pukul 09.00-12.00 WIB. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.