METRUM
Jelajah Komunitas

Rute Gunung Raya Dibatalkan, Bax Menangi Etape VII

Petronas Le Tour de Langkawi 2022

Logo LTdL 2022.*

KUAH, LANGKAWI (METRUM) – Pemegang kaus kuning asal Kolombia, Ivan Sosa dari tim Movistar (Spanyol) menuju podium juara balap sepeda terkemuka di Asia Timur Petronas Le Tour de Langkawi (LTdL) 2022, Malaysia yang akan berakhir Selasa (18/10/2022) etape VIII di  Kuah, pusat wisata Pulau Langkawi.

Pasalnya Ivan Sosa tak harus memeras keringkat pada rute tanjakan berat etape VII, Senin (17/10/2022) Kuah-Gunung Raya 108 km, di pulau Langkawi yang dibatalkan dan diganti menjadi rute datar seputar pulau Langkawi oleh panitia akibat terjadi longsor di empat lokasi tanjakan Gunung Raya, akibat hujan deras yang mengguyur pulau Langkawi Minggu (16/10/2022) malam.

“Etape VII tanjakan ke Gunung Raya tak bisa dilaksanakan karena membahayakan peserta dan penonton, jadi rute etape VII diganti seputar pulau Langkawi sejauh 107 km  dengan 2 tanjakan kategori 3. Start finis di Kuah,” demikian diungkapkan AbdulRahman Manager Media Center panpel LTdL melalui rilisnya.

Pada lomba etape VII, Senin (17/10/2022) petang seputar pulau Langkawi, Ivan Sosa finis bersama peloton di Kuah, pulau Langkawi. Dengan menyisakan satu tahapan lagi, etape VIII Selasa (18/10/2022) yang hanya formalitas sebagai penutupan LTdL 2022 bagi para sprinter yang masih bersaing untuk memenangi etape terakhir.

Tampil sebagai pemenang etape VII sejauh 107,1 km Sjoerd Bax (26), sprinter asal Belanda dari tim Alpecin Deceuninck. Ini merupakan sukses ketiga kali bagi tim divisi 2 Alpecin memenangi etape LTdL yaitu etape IV, V dan VII.

Peloton melaju di rute seputar pulau wisata Langkawi, pada etape VII Petronas Le Tour de Langkawi 2022, Senin (17/10/2022). (Foto: LTdL).*

Bax menang adu sprint tiga pembalap yang sukses “break away” menyelesaikan etape VII sejauh 107 km mengalahkan Willie Smit (tim China Glory/Afsel) di urutan kedua dan Adria Moreno (Burgos BH/Spanyol) di urutan ketiga, dengan waktu sama 2 jam 20 menit 52 detik. Tiga atlet ini semuanya dari tim divisi 2. Sementara peloton termasuk pemegang kaus kuning  Ivan Sosa (Movistar) melintasi finis bersamaan dengan waktu sama tertinggal 1 menit 10 detik. Sebanyak 103 atlet (20 tim) dari jumlah semula 117 masih bertahan hingga etape VII.

“Ini adalah kemenangan Pro Race pertama saya di Malaysia, tentu saya amat emosional karena tim Alpecin tampil hebat di LTdL 2022, telah merebut 2 etape dan kini menambah satu kemenangan etape lagi,” ujar Bax.

“Saya terbang ke Malaysia setelah sukses memenangi lomba Coppa Agostini bulan lalu, percaya diri saya tinggi. Cuaca amat panas disini membuat saya perlu adaptasi beberapa hari dan kini saya sudah semakin terbiasa sehingga bisa bersaing,” ungkap Bax yang menjadi atlet Belanda pertama yang memenangi etape sepanjang sejarah LTdL.

Dari hasil etape VII ini, kaus kuning tidak tergoyahkan di genggaman Ivan Sosa sejak merebutnya di etape III rute tanjakan Genting Highlands yang menjadi kunci penentu juara umum LTdL 2022. Sosa memimpin 23 detik atas rangking kedua Hugh Carthy (EF Education/Inggris) dan Torstein Traen (Uno X Pro/Nowegia) naik dari rangking kelima ke urutan ketiga + 1 menit 47 detik. sementara rangking ketiga Einer Rubio (Movistar/Kolombia) turun ke urutan kelima karena berada di peloton tertinggal 1 menit 10 detik.

Sementara andalan Indonesia, Aiman Cahyadi asal Bandung yang memperkuat tim Mula di urutan ke-28 (+ 10 menit 47 detik).

Pada etape VII ini upaya break away atlet rangking tengah dan bawah sukses karena para atlet unggulan membiarkan 15 atlet lolos hingga finis, terpecah di tiga grup kecil.

Untuk klasemen kategori Asia (kaus putih) masih dikuasai Jambaljamts Sanbayar (Terngganu Polygon/Mongolia), kedua Andrey Zeits (Astana/Kazakhstan) + 1 detik.

Selasa (18/10/2022) Etape VIII (terakhir) belangsung seputar pulau, Langkawi sejauh 115,9 Km. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: