METRUM
Jelajah Komunitas

Timnas Garuda Kalah dari Yordania, Peluang Lolos 50:50

KUWAIT CITY, KUWAIT – Meski telah berjuang maksimal, pasukan Timnas Garuda harus mengakui keunggulan Yordania 0-1 di laga kedua grup A Kualifikasi sepakbola Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait City pada Minggu (12/6/2022) dini hari.

Gol Yordania ke gawang Indonesia tercipta di babak kedua saat laga baru berjalan 4 menit oleh Yazan Al-Najimat, tembakannya tak mampu dibendung penjaga gawang Nadeo Argawinata.

Yordania sebenarnya berpeluang menggandakan keunggulan pada 10 menit jelang usai mendapat hadiah penalti setelah Al Taamari dijatuhkan Aswani Bahar di kotak penalti Injdonesia. Pemain pengganti Moh. Abu Zreik ditunjuk sebagai algojo, namun tendanganya ke sudut kiri gawang mampu diblok oleh penjaga gawang Nadeo, sehingga skor tetap 1-0.

Di babak pertama sebenanya Indonesia mampu tampil baik membendung serangan-seranganYordania dan bisa juga melakukan penyerangan ke gawang lawan yang cukup merepotkan, namun gagal di penyelesaian akhir. Yordania di babak pertama juga tak mampu menembus jala Indonesia meski beberapa kali membahayakan karena penampilan apik Nadeo yang mengawal gawang Indonesia.

Upaya untuk bisa membalas setidaknya satu gol untuk menyamakan kedudukan tidak membuahkan hasil hingga pertandingan berakhir.

Perjuangan Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023 semakin berat karena pada laga lainnya di grup A, tuan rumah Kuwait mengandaskan perlawanan Nepal 4-1. Hanya juara grup yang otomatis lolos, sementara untuk posisi runner up harusbisa unggul raihan poin dari runner up grup lainnya.

Optimias Kalahkan Nepal

Laga terakhir melawan Nepal, Rabu (15/6/2022) dini hari harus dimenangi skuad Garuda dengan skor telak untuk menghidupkan peluang lolos, itupun tergantung hasil Kuwait vs Yordania, dan pertandingan grup lainnya.

Jalan menuju Piala Asia 2023 masih terbuka meski harus berharap pada beberapa skenario lainnya.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong mengatakan optimis skuad asuhannya akan bisa mengalahkan Nepal untuk menjaga harapan Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

“Pada pertandingan terakhir bila kami menang mendapat tiga poin, tentu ini akan membuka jalan ke final Piala Asia 2023,” tuturnya pada jumpa pers usai pertandingan, Minggu (12/6/2022).

Klasemen grup A setelah dua pertandingan, Yordania teratas dengan 6 poin, kedua Indonesia dengan 3 poin, ketiga Kuwait 3 poin dan keempat Nepal dengan 0 poin. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.