METRUM
Jelajah Komunitas

Webinar “Adiksi Media Sosial” dari Kacamata Psikologi dan Teknologi

MAHASISWA Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Bandung Angkatan 2019 Mengadakan Webinar dengan tema “Adiksi Media Sosial” pada, Sabtu, (15/1/2022). Kegiatan webinar ini dilakukan secara online melalui media Zoom Meeting. Dalam kegiatan ini, mahasiswa Stikom Bandung menghadirkan Yuke Virlianti, S.Pd, M.M. dari Independen Konsultan Manajemen dan Founder Komunitas Muda Berbakat (KOMUBA) dan juga Vivin Suty Pradinaputri, S.Psi. seorang tester psikotes, sebagai narasumber yang mengisi kegiatan webinar.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 09.30 WIB, dibuka oleh MC Nisa Nurazizah, lalu disambut oleh perwakilan dari Stikom Bandung. Acara dipandu moderator Tiara Putri Permata Sari yang memberikan biodata dari para narasumber, kegiatan lalu dilanjutkan dengan sesi pertama yang diisi oleh narasumber pertama, Vivin Suty Pradinaputri, S.Psi.

Vivin Suty Pradinaputri, S.Psi memberikan materi seminar (Sumber: tangkapan layar dari webinar).*

Dalam presentasinya, Vivin Suty Pradinaputri, S.Psi menjelaskan mengenai Adiksi Media Sosial Dari Kacamata Psikologi. Dalam penjelasan di sesi pertama ini juga memberikan apa saja faktor yang mempengaruhi adiksi media sosial mulai dari, kepribadian yang narsisme, ketakutan akan tertinggalnya tren yang sedang berjalan, kontrol diri yang rendah, pelarian dari masalah, percaya diri yang rendah serta kesepian.

Lebih lanjut, Vivin Suty Pradinaputri, S.Psi juga memberikan bagaimana cara untuk menangani adiksi media sosial, di antaranya adalah menentukan waktu dan tempat dimana akan menggunakan medsos, menghapus aplikasi medsos yang sudah tidak dibutuhkan, melakukan kegiatan yang lebih produktif seperti berinteraksi langsung dengan orang lain, mematikan notifikasi saat melakukan hal-hal penting seperti belajar, belajar untuk mengontrol diri dan yang terakhir meminta bantuan kepada keluarga/saudara/teman untuk mengingatkan dalam penggunaan medsos, jika hal tersebut sulit diatasi hendaknya menghubungi psikolog.

Pada penghujung sesi pertama, Vivin Suty Pradinaputri, S.Psi menyarankan gunakan media sosial dengan bijak agar mental tetap sehat. Sesuai dari presentasi narasumber, acara sesi pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Pada sesi kedua, menghadirkan narasumber Yuke Virlianti, S.Pd, M.M yang membahas materi mengenai Adiksi Media Sosial Dari Kacamata Teknologi. Dalam penjelasan di sesi kedua kali ini, narasumber Yuke Virlianti, S.Pd, M.M memaparkan bahwa, terdapat lima pilar emosi yang harus dijaga agar terhindari dari dampak berbahaya terhadap kemajuan teknologi, diantaranya adalah emosi, fisik, spiritual, intelektual, serta sosial.

Yuke juga menjelaskan, proses pembelajaran abad ke-21 saat ini dimulai dari kecakapan manusia, kecakapan mesin dan juga kecakapan manusia berkolaborasi dengan mesin. Setelah selesai presentasi dari narasumber kedua, acara sesi kedua dilanjutkan dengan tanya jawab antara para peserta dengan narasumber.

Rangkaian kegiatan webinar “Adiksi Media Sosial” resmi diakhiri pada pukul 12.17 WIB dengan ucapan terimakasih kepada semua peserta yang hadir pada siang hari serta berfoto bersama. Pada acara webinar “Adiksi Media Sosial” berlangsung dengan lancar dan cukup antusias terbukti dengan adanya banyak pertanyaan dari para peserta yang mengikuti webinar “Adiksi Media Sosial” ini. (Muhammad Fadli Sinatrya/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.