METRUM
Jelajah Komunitas

5 Alat Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Tanpa Harus Pergi ke Gym

PADA masa pandemi Covid-19 sekarang ini, tentu segala kegiatan dan aktivitas masyarakat sangat, terbatas terlebih lagi dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) banyak sekali tempat-tempat yang terpaksa ditutup untuk mengurangi terjadinya kerumunan, salah satunya yaitu tempat olahraga Fitness dan Gym yang merupakan tempat kegiatan untuk orang-orang berolahraga, melatih otot dan juga badanya agar terbentuk sehingga terlihat bagus.

Saat ini orang banyak berupaya untuk menjaga kesehatannya dengan sebaik mungkin, tentu untuk menjaga kesehatan tidak bisa hanya berdiam diri di rumah saja, akan tetapi bisa juga melakukan olahraga di rumah seperti halnya yang orang-orang lakukan di tempat fitness atau gym. Banyak sekali alat olahraga yang bisa membantu kita untuk berolahraga di rumah, berikut 5 rekomendasi alat olahraga tersebut.

1. Dumbell

Dumbell atau biasa disebut barbel merupakan salah satu alat olahraga yang fleksibel dan mudah sekali digunakan, meskipun alatnya memiliki ukuran yang kecil tapi dumbell ini memiliki banyak sekali manfaat untuk meningkatkan kesehatan bagi tubuh kita dan membentuk otot-otot kita. Dumbell juga merupakan alat olahraga yang terhitung murah dan terjangkau.

Manfaat dari dumbell itu sendiri dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat jantung lebih sehat. Bagi orang yang baru melakukan latihan dumbell bisa melakukan dengan kecepatan santai untuk meningkatkan stamina kardio dengan barbel berbobot paling ringkat selama 45 menit.

Kemudian bagi para wanita atau pria yang ingin mengurangi berat badan juga bisa menggunakan alat olahraga ini karena dengan terus melatih olahraga menggunakan alat dumbell dapat membakar kalori lebih banyak dan meningkatkan kekuatan otot.

2. Tali Skipping

Illustrasi olahraga skipping atau lompat tali (Foto: Bugaraga).*

Skipping merupakan salah satu olahraga yang mudah dan banyak manfaat seperti halnya dumbell. Untuk melakukan olahraga skipping ini bisa dilakukan dimana saja termasuk di halaman rumah tidak perlu harus pergi keluar rumah yang bisa menyebabkan bertemu dengan orang banyak. Tali skipping juga merupakan alat olahraga yang cukup terjangkau harganya bahkan bisa membuatnya sendiri dengan kreativitas masing-masing.

Untuk melakukan olahraga skipping atau lompat tali ini tentunya harus mempunyai konsistensi yang baik supaya didapatkan manfaat yang banyak seperti contohnya meningkatkan kelincahan pada kaki dan mengurangi cedera pada kaki. Olahraga skipping dapat dilakukan maksimal durasi sekitar 30 menit setiap harinya dengan beberapa selingan, akan tetapi hal tersebut juga kembali kepada masing-masing kekuatan individu.

3. Tummy Trimmer

Tummy Trimmer merupakan salah satu alat olahraga yang dapat mengatasi perut buncit, alat ini memang belum terlalu familiar atau terkenal akan tetapi tummy trimmer memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga untuk mengencangkan otot-otot kita terutama otot perut, pinggul, lengan, kaki dan juga paha. Tummy Trimmer salah satu alat olahraga yang praktis sehingga bisa dilakukan ketika sedang berada dirumah dan untuk harganya pun sangat terjangkau untuk setiap orang yang ingin berolahraga di rumah.

Penggunaan Tummy Trimmer juga sangat mudah bisa digunakan untuk gerakan Sit-up, leg stretching dan arm stretching, alat ini dapat membantu membakar lemak dan mengurangi lemak dengan lebih mudah dengan hanya melakukan olahraga selama 10-15 menit dengan berbagai gerakan yang telah disebutkan di atas tadi.

4. Pull Up Bar

Seseorang sedang melakukan kegiatan pull up (Foto: mybest.id).*

Pull up bar merupakan salah satu olahraga yang biasa dilakukan dan diminati oleh pria karena alat olahraga ini dapat membantu membentuk otot-otot tubuh, akan tetapi alat ini juga bisa digunakan oleh para wanita dan gerakannya pun bisa terbilang sangat simpel hanya dengan memposisikan tubuh seperti menggelantungkan tangan dan meraih bar yang sudah ditempelkan pada tembok atau apapun itu kemudian mengangkat badan hingga dagu sejajar dengan bar tersebut.

Alat Pull up bar ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan bisa dilakukan dirumah saja tanpa perlu pergi ke tempat fitness atau gym.

5. Matras Yoga

Matras yoga merupakan salah satu alat untuk olahraga yang penting untuk bisa melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di gym walaupun hanya di rumah. Untuk menempatkan matras yoga ini tentu harus ditempatkan pada lantai yang memiliki permukaan keras.

Matras yoga juga bisa digulung jika sudah selesai digunakan sehingga memudahkan untuk disimpan tanpa memakan ruang yang cukup banyak. Matras yoga juga merupakan benda yang lebih praktis daripada barbel atau dumbell yang memiliki bobot kurang dari 2 kg.

Matras yoga ini memiliki fungsi untuk menjaga pijakan supaya tetap mantap selama melakukan gerakan-gerakan atau pose yoga, sekaligus juga melindungi tubuh dari benturan. Matras yoga juga dapat bermanfaat untuk melakukan berbagai gerakan senam lantai seperti push up, sit up dan plank.

Yoga merupakan salah satu kegiatan olahraga yang biasa dilakukan oleh para wanita dikarenakan kegiatan ini juga dapat membantu kesehatan pada rambut agar tetap dalam kondisi yang baik tanpa perlu melakukan perawatan yang sulit seperti ke salon.

Seperti itu kira-kira alat olahraga atau kegiatan olahraga yang biasa dilakukan di tempat fitness atau gym tapi bisa juga dilakukan di rumah. Di era pandemi covid-19 ini tentu kesehatan sangatlah mahal maka dari itu orang-orang harus memiliki alternatif atau mencari kegiatan yang dapat terus menjaga kesehatan masing-masing dengan cara berolahraga di rumah. Alat-alat di atas juga merupakan alat yang sangat praktis, bahkan memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga tidak akan menghambat orang-orang yang biasa atau ingin melakukan olahraga. (Deonisius Berkham/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.