METRUM
Jelajah Komunitas

Alat Komunikasi Zaman Dulu

TELEPON, ponsel, media sosial, dan email merupakan alat komunikasi yang digunakan saat ini untuk menyampaikan atau menyebarkan informasi. Alat komunikasi tersebut sudah canggih dan dapat dengan cepat menyampaikan pesan kepada siapa saja.

Alat komunikasi sudah ada sejak dulu, namun bentuk dan cara penggunaannya cukup berbeda dengan alat komunikasi di masa kini. Apa saja sih, alat komunikasi pada zaman dulu?

Daun lontar

Daun Lontar (Sumber: wikipedia).*

Pada masa dulu, orang-orang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulisan yang tertuang dalam sebuah surat.

Kebiasaan ini sudah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Majapahit, Sriwijaya, Pajajaran dan Mataram. Namun, surat pada zaman itu bukan dituliskan di atas kertas, melainkan di atas daun lontar.

Daun lontar sekarang digunakan jadi media lukisan dan dijadikan cindera mata

Lonceng atau Kentungan

Lonceng (Sumber: Historia.id).*

Untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang banyak, masyarakat zaman dulu menggunakan lonceng atau kentungan.

Mereka akan membunyikan lonceng atau kentungan sebagai penanda pesan.

Hingga saat ini, alat komunikasi berupa lonceng dan ketungan masih dipakai, lo. Misalnya seperti di beberapa daerah, kentungan digunakan untuk memberitahukan warga kalau ada maling, ada kebakaran, gempa, lonsir, banjir atau pun untuk membangunkan sahur.

Lonceng biasanya digunakan di sekolah-sekolah atau pun di gereja.

Merpati Pos

Merpati Pos (Sumber: dw.com).*

Merpati waktu itu digunakan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan dengan orang yang keberadaannya cukup jauh.

Alat komunikasi ini sangat berfungsi ketika masa perang terjadi. Karena digunakan sebagai penyampai pesan militer yang sifatnya rahasia.

Merpati pos ini khusus dimanfaatkan kemampuannya yang bisa menemukan jalan pulang setelah perjalanan jauh. Wah, merpati itu sangat cerdas, ya!

Surat

Surat (Sumber: Poltekpel Sumbar).*

Surat adalah alat komunikasi sejak zaman dahulu yang saat ini masih digunakan sebagian orang, meskipun kini keberadaannya sudah mulai tergantikan dengan alat komunikasi yang lebih canggih dan cepat. Surat membutuhkan waktu hingga pesannya sampai kepada orang yang dituju.

Sedangkan saat ini, orang mudah saja menggunakan ponsel untuk berkomunikasi dengan cepat. Sekarang surat biasanya digunakan saat mengirim dokumen yang penting. Kamu juga bisa surat-menyurat dengan sahabat pena, lo!

Telegraf

Telegraf (Sumber: penemu.co).*

Selain yang manual atau tradisional, ada juga alat komunikasi elektronik di zaman dulu, yaitu telegraf. Alat ini digunakan untuk mengirimkan dan menerima sinyal yang disesuaikan dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.

Telegraf dilengkapi dengan kabel-kabel tembaga yang fungsinya untuk mengirimkan sinyal jarak jauh.

Nah, itu alat komunikasi zaman dulu, unik unik yaa! Semoga bermanfaat. (Hanna Nursifa R/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: