METRUM
Jelajah Komunitas

Kenapa Tidur Itu Penting?

TIDUR adalah suatu kegiatan yang dibutuhkan oleh tubuh, namun masih banyak orang yang menyepelekan tidur. Buat kamu yang masih suka begadang, atau yang pola tidurnya berantakan, pasti kalian merasakan efek dari kurang tidur.

Orang yang memiliki pola tidur yang berantakan pasti akan merasa mudah lelah, atau rasa kantuk di siang hari, karena tidur itu sangat penting bagi tubuh.

Inilah 4 alasan kenapa tidur itu penting:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur sangat penting untuk kemampuan tubuh Anda melawan penyakit dan infeksi. Anda cenderung tidak sakit dan lebih mungkin untuk pulih dari penyakit lebih cepat jika Anda mendapatkan kualitas tidur yang cukup baik.

Waktu kamu tidur, sistem imun kamu akan menghasilkan protein yang disebut sitokin, beberapa di antaranya mendorong tidur dan berperan dalam mengatur respon sistem kekebalan tubuh. Aktivitas sistem endokrin selama tidur akan meningkatkan respon imun dan pembentukan memori imunologis, yang memungkinkan sistem kekebalan kamu mengenali antigen yang ditemui sebelumnya dan merespon dengan tepat

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada saat kita tidur, tekanan darah kita turun. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

Ketika kamu kurang tidur, tekanan darah kita berada pada tingkat yang meningkat lebih lama, pembuluh darah dan sel-sel kita tidak mendapatkan kesempatan untuk menyembuhkan, dan peningkatan kadar protein penyebab peradangan juga dapat menyebabkan ketegangan lebih pada jantung.

3. Menambah Konsentrasi

Apabila kamu memiliki waktu tidur yang baik, akan menambah tingkat kewaspadaan yang membuat kamu jadi lebih konsentrasi pada saat melakukan aktivitas sehari hari.

Konsentrasi juga dapat memengaruhi ingatan, karena ketidak mampuan untuk berkonsentrasi pada apa yang ada, dapat berarti hal itu tidak masuk ke dalam ingatan jangka pendek dan, akhirnya, jadi ingatan jangka panjang. BACA JUGA: Aplikasi Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

4. Terhindar dari Depresi

Ketika kamu memiliki waktu tidur yang cukup, kamu akan terhidar dari resiko depresi. Kurang tidur secara signifikan dapat meningkatkan risiko depresi. Orang yang mengalami depresi sangat mungkin mengalami insomnia dan gangguan tidur, yang semakin memperburuk masalah.

Setidaknya itulah 4 alasan kenapa tidur itu penting. Jadi buat kamu yang masih memiliki pola tidur yang berantakan, ayo perbaiki pola tidur agar dapat hidup lebih sehat. (Muhamad Alfin Ramadian/JT)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: