METRUM
Jelajah Komunitas

Manfaat Minum Air Putih yang Sering Disepelekan

DALAM tubuh manusia, sebagian besar disusun oleh air. Air di dalam tubuh berfungsi untuk menyalurkan vitamin, protein, mineral dan zat gizi lainya ke seluruh tubuh. Tetapi kita selalu menyepelekan minum air putih.

Jika kekurangan air, manusia akan mengalami dehidrasi, bahkan kekurangan air dapat lebih cepat membuat orang meninggal daripada kekurangan makanan. Kita disarankan untuk mengkonsumsi air 8 gelas atau 2 liter dalam satu hari, tetapi dalam kondisi tertentu seperti cuaca panas, demam, diare atau hamil, kebutuhan air putih semakin meningkat.

Oleh karena itu, kita harus mencukupi kebutuhan air putih agar tubuh dapat memaksimalkan fungsinya. Ada banyak manfaat air putih bagi kesehatan. Berikut manfaat air putih bagi kesehatan tubuh:

1. Dapat mengobati batu ginjal

Batu saluran kemih adalah gumpalan kristal mineral yang menyakitkan yang terbentuk di sistem saluran kemih.

Asupan cairan yang lebih tinggi meningkatkan volume urin yang melewati ginjal. Ini mengencerkan konsentrasi mineral, sehingga mereka cenderung tidak mengkristal dan membentuk gumpalan. Air juga dapat membantu mencegah pembentukan awal batu.

2. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh

Darah mengandung lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Dan juga sel-sel kulit disusun dari air juga. Jadi dengan asupan cairan yang cukup akan memberikan kesehatan kulit.

4. Menghindari dehidrasi

Kekurangan cairan dapat menjebabkan dehidrasi, hal ini sering disepelekan, akan tetapi apabila dehindrasi tidak ditindaklanjuti dapat berakibat fatal, karena dapat menyerang fungsi ginjal.

5. Menurunkan berat badan

Dengan memenuhi kebutuhan cairan harian maka metabolisme akan baik untuk tubuh, yang dimana apabila metabolisme tubuh dalam kondisi baik, maka dapat membakar lemak dengan lebih cepat. Selain itu, minum air putih dapat menunda lapar, meski air putih tidak memiliki kalori sehingga minum air putih dengan jumlah yang banyak tidak akan berubah menjadi lemak.

Pastikan anda memenuhi asupan cairan agar dapat terhindar dari berbagai penyakit, tetapi air minum yang akan dikonsumsi harus memenuhi standar kesehatan. (Mohamad Alfin Ramadian/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.