METRUM
Jelajah Komunitas

Mengenal Sel-Sel Dalam Tubuh Melalui Serial Anime Hataraku Saibou

ADA yang suka dengan pelajaran biologi semasa di sekolah? Ketika sekolah dulu, Biologi adalah pelajaran yang cukup menarik karena di dalamnya berisi pelajaran lebih dalam mengenai tubuh kita, makhluk hidup dalam lingkungan sekitar kita, bahkan alam. Hataraku Saibo atau dalam bahasa Inggris Cell’s at Work merupakan anime yang menceritakan dan menggambarkan tentang sel-sel dalam tubuh kita yang rajin menjalankan tugasnya setiap hari.

Anime ini pertama kali muncul pada musim panas 2018, tepatnya pada 8 Juli 2018. Anime ini diadaptasi dari manga buatan Akane Shimizu dengan judul yang sama. Pada serial ini mengajarkan tentang jenis-jenis dari sel darah putih dan tugasnya yang menjaga tubuh kita dari berbagai macam bakteri. Ada pula sel darah merah yang bertugas untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi, dan sel-sel lain yang ada di dalam tubuh kita.

Cuplikan anime Hataraku Saibou saat tubuh kedatangan bakteri (foto: kincir.com).*

Pada season pertama, Hataraku Saibou berjumlah 13 episode. Menceritakan bakteri yang tiba-tiba menyerang lalu segera dilawan oleh sel darah putih jenis Neutropil. Salah satu bakteri yang berhasil kabur dikejar oleh sel darah putih, hingga akhirnya sampai ke saluran Bronkiolus. Bakteri itu pun dapat dikalahkan dengan cara dikeluarkan dari tubuh lewat bersin.

Ketika ada abrasi pada kulit, bakteri seperti Staphylococcus Aureus akan masuk ke dalam tubuh. Ketika Neutropil kesulitan melawan bakteri, Trombosit bakal menggunakan GP1b untuk menutup luka dengan Fibrin agar tidak ada lagi bakteri yang masuk dan Staphylococcus pun dapat dikalahkan oleh Neutropil.

Hataraku Saibou bisa menjadi alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan, khususnya dalam mata pelajaran biologi, khususnya mengenai cara kerja sel dalam tubuh.

Konon, dalam setiap tubuh manusia terdapat sekitar 3,7 triliun sel yang bekerja keras setiap harinya. Sel-sel ini digambarkan ke dalam berbagai karakter yang unik dengan lingkungan penuh warna yang jadi representasi organ tubuh kita.

Penggambaran dari setiap episode pada anime ini dapat membantu memahami sel-sel yang ada di dalam tubuh. Setiap sel dipersonifikasikan menjadi sesosok karakter yang tampak begitu unik. Sel Darah Merah, yang setiap harinya bertugas mengantar oksigen dan ragam nutrisi ke seluruh tubuh, didandani dengan topi dan jaket berwarna merah mencolok.

Ada pula limfosit, sel yang beringas kala memberantas serbuan bakteri dan virus ini punya setelan serba hitam dan paras yang macho. Neutrofil atau Sel Darah Putih dari ujung topi hingga ujung kaki, nyaris semua pakaian dan kulitnya berwarna putih polos lengkap dengan auranya yang dingin.

Musuh-musuh yang terdiri dari bermacam virus dan infeksi pun punya bentuk yang enggak kalah khas. Menyeramkan tapi mereka punya karakteristik yang kocak. Berbeda dengan sel kanker yang memiliki transfromasi final yang terkesan jahat.

Selain visual animasinya yang memanjakan mata, menonton Hataraku Saibou dapat menambah pengetahuan kita tentang sel dalam tubuh dengan cara yang menyenangkan. Terdapat pesan moral terselubung mengenai gaya hidup yang sehat. Menggambarkan bahwa sel-sel dalam tubuh manusia bekerja setiap hari selama 24 jam. Sepatutnya hal ini menjadi pesan buat diri kita agar menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya sel namun semua organ yang ada. Kamu bisa nonton serial Anime Hataraku Saibou (Cell’s at Work) di platform streaming Netflix. (Nafila Sekar/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.