METRUM
Jelajah Komunitas

Reli Dakar 2023: Toby Price Siap Kudeta Kategori Motor

HARADH, SAUDI ARABIA (METRUM) – Setelah peserta mendapat istirahat sehari (Senin) di Kota Riyadh, lomba reli terberat di dunia, Reli Dakar Edisi ke-45/2023 kembali bergulir pada Selasa (10/1/2023) etape IX Riyadh – Haradh sejauh 359 km. Rutenya sangat menantang, hamparan padang pasir, rute bebatuan dan bukit-bukit pasir.

Di kategori Mobil, pimpinan klasemen Nasser Al-Attiyah (Toyota Gazzo Racing/Qatar) dengan segudang pengalamanya di lomba Dakar, meski finis urutan kesembilan namun justu melaju semakin solid memimpin klasemen karena pesaing utamanya tertinggal jauh hingga 40 menit, yaitu rekan setimnya Henk Lategan (Toyota) sehingga turun dari urutan kedua menjadi ketiga.

Tampil sebagai pemenang etape IX, juara dunia WRC 9 kali asal Prancis Sebastian Loeb (Bahrain Raid Xtreme-Prodrive), ini merupakan sukses ketiga bagi Loeb memenangi etape pada Dakar 2023, kedua Vaidotas Zala (Teltonika–Prodrive) dan ketiga Guerlain Chicherit (GCK-Prodrive). Ketiganya memakai Prodrive.

Di klasemen umum, Nasser Al-Attiyah semakin jauh memimpin unggul 1 jam 21 menit 37 detik atas Lucas Morales (Toyota Hi Lux) dan ketiga Sebastian Loeb + 1 jam 43 menit 8 detik.

“Meski saya telah memenangi 3 etape tapi terlalu jauh untuk bisa menggeser Al-Attiyah di puncak klasemen, karena defisit waktu saya tertinggal 1 jam 43 menit, dia amat tangguh dan stabil sedangkan saya beberapa kali mendapat kendala teknis dan salah jalur. Target realistis bertahan di 3 besar klasemen sudah bagus,” ungkap Loeb yang belum bisa menjuarai Reli Dakar meski telah 19 kali memenangi etape Dakar.

Kategori Motor

Persaingan di kategori motor semakin seru karena kejutan-kejutan dari tim Rokstar Energy Husqvana tampaknya akan segera berakhir setelah tim pabrikan terkemuka Red Bull KTM yang hampir selalu merajai Reli Dakar kini tinggal menunggu waktu untuk mengambil alih pimpinan klasemen.

Hingga etape IX, Skyler Howes (Rockstar Qusqvarna/AS) masih memimpin dengan keunggulan hanya 3 detik atas juara 2 kali ReliDakar, Toby Price (Red Bull KTM Factory/Australia) dan ketiga Kevin Benavides (Red Bull KTM Factory/Argentina) + 5 menit 9 detik dan keempat Adrien Van Beveren (Monster Energy Honda/Prancis) + 15 menit 40 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: