METRUM
Jelajah Komunitas

Solusi Mencegah Sisa Makanan di Rumah

LIMBAH makanan sisa terus bertambah dari tahun ke tahun. Ditambah, tak banyak orang yang mengetahui cara mengolah atau membuangnya.

Sisa-sisa makanan itu akhirnya menumpuk di tempat sampah dan membusuk. Sehingga, limbah itu tak mengotori tanah saja, tapi juga berdampak pada polusi udara. Maka dari itu, ada beberapa cara mengatasi dan mengurangi sampah sisa makanan.

Berikut langkah-langkah tersebut yang dirangkum dari independent.co.uk.

1. Hanya beli yang Anda butuhkan

Berapa jumlah bahan masakan yang Anda beli di pasar, padahal tidak dibutuhkan sama sekali? Mulai sekarang, beli lah sesuai resep yang Anda butuhkan, jangan berlebihan juga.

Kemudian, carilah pasar yang menjual bahan masakan yang telah dipaket sehingga Anda tak perlu membeli satu per satu.

2. Membekukan makanan

Tak sedikit orang beralasan, membeli banyak bahan makanan adalah untuk mengirit jumlah pengeluaran. Jika bahan itu adalah daging yang tidak bisa bertahan lama, pastikan untuk menyimpannya di freezer agar beku.

Tak hanya daging, sejumlah sayuran dan roti juga bisa disimpan dalam freezer agar bisa digunakan di lain kesempatan. Jangan sampai, Anda membuangnya begitu saja karena berlebihan.

3. Letakan makanan dengan posisi yang tepat di dalam lemari es

Ketika lemari es telah berisi beberapa bahan makanan, tapi Anda ingin memasukan yang baru, sesuaikan posisi agar tidak cepat busuk. Caranya, bahan makanan yang telah lama dalam kulkas simpan di paling depan. Kemudian yang terbaru, simpan paling belakang.

Cara ini akan membuat Anda tahu berapa lama harus mengambil makanan tersebut.

4. Perhatikan penyimpanan

Bahan masakan seperti susu dan daging haruslah dibungkus dengan erat plastik atau kotak plastik kedap udara. Lalu, makanan kaleng harus dikosongkan setengahnya, sisanya simpan di mangkuk dan dibungkus.

Untuk barang-barang kering seperti pasta, tepung, rempah, kacang-kacangan, belilah toples kaca dengan segel karet sehingga udara benar-benar tidak masuk.

5. Perhatikan porsi makan

Anda pasti pernah makan mie dua biji untuk satu kali makan, bukan? Namun, ternyata porsi itu terlalu banyak dan sisanya akan terbuang.

Mulai dari sekarang, perhatikan porsi makan Anda. Jika ada sisa makanan yang dibuang, berarti jumlah itulah porsi Anda. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: