METRUM
Jelajah Komunitas

Taiwan Aktif Promosi “Buku Audio” di Industri Penerbitan

TAIWAN, ROC – Era digitalisasi, buku audio secara bertahap menjadi kekuatan industri penerbitan jenis ke-3. Perkembangan pasar buku audio di kancah internasional melejit dengan pesat. Kementerian Kebudayaan Taiwan bulan Juni 2021 merilis laporan data statistik budaya terbaru bahwa, omzet pendapatan buku audio AS tahun 2019 mencapai US$ 1,2 milyar; malah sebaliknya di Taiwan, perkembangan buku audio masih tergolong baru sehingga perlu lebih giat dipromosikan.

Banyak pelaku usaha memberikan pandangan terkait kondisi perkembangan penerbitan buku audio di Taiwan, termasuk di masa mendatang, serta bagaimana menghadapi perkembangan buku audio di kancah internasional, untuk mengetahui keberagaman industri penerbitan buku audio Taiwan, dan berharap agar buku audio juga dapat dikembangkan.

Pelaku usaha umumnya beranggapan, jika diperlukan maka industri yang relevan dapat bergabung dalam buku audio, misalkan mendorong industri film dan televisi, ataupun kalangan seniman pertunjukan dan lainnya untuk menghasilkan hasil ekstra. Saat bersamaan juga menambah kuantitas buku audio.

Dilansir dari RTI, Du Meng-pin, Manajer bagian buku elektronik dari toko buku online terbesar di Taiwan Books.com.tw menekankan, walaupun buku audio di dalam negeri masih belum cukup banyak, akan tetapi sementara ini format bacaan sedang berubah, ditambah lagi pengamatan tren perkembangan buku audio, maka Books.com.tw beranggapan sudah saatnya masuk ke pasar buku audio, menciptakan layanan baru “dapat membaca di mana-mana”.

Selain upaya penerbit, platform juga menjadi kekuatan penting dalam mengakselerasi pasar buku audio. Ketua Taiwan Digital Publishing Forum, Lai Yang-zhu dan Chief Eksekutif Readmoo Pang Wen-chen serentak mengatakan, dilihat dari lingkungan penerbitan Taiwan, pemasaran buku audio akan lebih cepat daripada promosi pemasaran buku elektronik, dikarenakan Taiwan telah memiliki platform buku elektronik dan toko buku online melalui layanan dari platform ini diyakini dapat memperlaju perkembangan buku audio.

Mengenai promosi perkembangan buku audio yang tengah dijalani Taiwan, apa yang dilakukan oleh sektor publik? Banyak penerbit dan platform berperan sebagai penyatu dan perantara, misalkan membantu pelaku usaha buku audio untuk bernegosiasi dengan perusahaan rekaman, gudang bakat untuk aktor suara dan menjembatani produsen produksi buku audio untuk berinvestasi di pasar buku audio, ini semua menjadi bagian yang dapat dibangun oleh Kementerian Kebudayaan dan Taiwan Creative Content Agency (TAICCA). (M1-RTI)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: