METRUM
Jelajah Komunitas

Unisba Bantu Pesantren Kelola Zakat

BANDUNG – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Syariah Unisba melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertajuk Pendampingan Pengelolaan Zakat di Pondok Pesantren Daarul Ilmi, Cipeundey, Kabupaten Bandung Barat, beberapa waktu lalu.

Kegiatan diikuti 18 peserta, terdiri atas 15 pengurus zakat dan asatidz serta 3 pengurus pesantren. Kegiatan terlaksana atas kerja sama antara Fakultas Syariah Unisba dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unisba melalui program CostSharing 2021.

Ketua tim PKM, Dr Ramdan Fawzi mengatakan, fokus pendampingan pada PKM ini diarahkan pada pengelolaan dana zakat mal berupa zakat penghasilan/profesi dan zakat perdagangan. Kedua model zakat itu menjadi pilihan utama karena belum dikembangkan oleh pesantren. Padahal, peluang untuk mengembangkan dana zakat mal dari penghasilan dan perdagangan ini sangat besar.

“Dengan jumlah santri lebih dari 337 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, pasti nya memiliki keluarga dengan beragam profesi. Artinya, peluang untuk mengumpulkan dana zakat mal dari bentuk penghasilan dan perdagangan itu sangat besar peluangnya,” ujar Ramdan.

Peserta PKM diberikan gambaran umum terkait fikih zakat, manajemen zakat untuk pondok pesantren, hukum zakat di Indonesia, dan praktik perhitungan zakat mal. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: