METRUM
Jelajah Komunitas

Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi Covid-19

SEJAK virus corona menjadi pandemi dunia, perasaan, dan pikiran buruk terkait tentang masa depan orang-orang terkasih kerap muncul. Bukan hanya pikiran dan perasaan saja, pandemi yang semakin parah membuat sebagian orang kehilangan mata pencaharian utamanya. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan stress saja, tetapi juga depresi. Kehilangan mata pencaharian utama bukanlah hal sepele, apalagi bagi seorang kepala keluarga.

Hal tersebut tentu akan memicu adanya perubahan besar pada kehidupan. Belum lagi bagi mereka yang menjadi korban positif virus corona dan harus isolasi mandiri sampai benar-benar pulih. Masalah kesehatan mental bagi yang terkena dampak memang tidak dapat dihindari. Namun, stress dan rasa cemas berlebihan bisa dikelola dan ditangani, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mental yang lebih parah di kemudian hari. Berikut tips menjaga kesehatan mental saat pandemi.

1. Batasi penggunaan media sosial

Remaja Indonesia mengakses akun media sosial mereka di sebuah kafe internet di Jakarta (foto: ilustrasi/AP via VOA).*

Mengikuti perkembangan berita yang sedang terjadi memang penting, tetapi jika berdampak pada psikis masing-masing orang, sebaiknya batasi penggunaan media sosial. Terus-menerus terpapar berita yang tidak baik akan berdampak negatif bagi kesehatan mental. Batasi penggunaan teknologi, mengingat terkadang perlu keluar dari dunia maya dan mencari aktivitas lain yang membuat diri sendiri merasa senang dan nyaman.

2. Sibukan diri dengan berbagai aktivitas

Ilustrasi menonton bola (Sumber: huffingtonpost.com).*

Saat ini tengah diberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya dapat dilakukan dengan menyibukan diri melakukan berbagai aktivitas yang disukai. Jika kamu ingin menonton drama yang masih menjadi wishlist, sebaiknya tonton sekarang guna membantu menjaga kesehatan mental. Melakukan kegiatan yang disukai akan menghindari kamu dari pikiran negatif.

3. Tetap menjaga interaksi sosial

Ilustrasi aktivitas bersama yang dilakukan keluarga (Foto: August de Richelieu/Pexels).*

Terkurung di rumah 24/7 mungkin membuat sebagian orang merasa stress. Apalagi bagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Rasa kesepian ini berpotensi menimbulkan pikiran negatif yang dapat berdampak pada kesehatan mental. Tips menjaga kesehatan mentas saat pandemi selajutnya dengan memikirkan jika karantina ini, adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan keluarga atau orang terkasih.

Diskusikan dengan mereka dan rencanakan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan bersama. Jika kamu merasa sangan cemas dan tidak bisa ditangani sendirian, ceritakan masalah yang kamu hadapi dengan seseorang yang dipercaya. Mereka mungkin memiliki solusi yang ingin kamu dengar.

4. Jaga kesehatan tubuh dengan baik

Ilustrasi multivitamin (Annie’s Apothecary).*

Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya. Jika kesehatan mental menurun, maka sistem kekebalan tubuh akan mengikuti, pun sebaliknya. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa menginsumsi suplemen dan multivitamin tambahan. (Hanna Nursifa R/JT)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: