METRUM
Jelajah Komunitas

Meski di Rumah Aja, Ini Lima Peluang Menghasilkan Uang dengan Mudah

MENCARI uang saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tengah masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, tentu saja begitu sulit dan menjadi sebuah tantangan bagi masyarakat yang terdampak. Hal ini dikarenakan kegiatan dan bisnis masyarakat tersendat dan banyak warga yang terkena PHK sehingga tidak ada pemasukan, namun demikian bukan berarti tidak ada peluang untuk mencari uang di tengah kesulitan ini.

Di era yang semakin canggih, perkembangan teknologinya dalam dunia internet tidak hanya sekedar mencari informasi ataupun hiburan sekilas, akan tetapi kini para pengguna internet bisa medapat peluang untuk mencari uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mencari uang di internet bukan sesuatu hal yang baru, tetapi tidak sedikit orang yang belum mengetahui dengan menggunakan internet bisa membantu perekonomian pribadi ataupun keluarga. Hal ini tentunya tidak sulit untuk dilakukan, setiap orang hanya butuh perangkat dan juga skill sebagai penunjang untuk mencari uang di dunia maya.

Namun, untuk memutuskan mencari uang di internet bukanlah hal yang mudah karena pengguna harus tepat memilih peluang usaha sehingga perlu persiapan yang matang untuk meminimalisir kerugian.

Berikut rekomendasi 5 peluang cara menghasilkan uang dari internet dengan duduk di rumah aja:

Membuat tulisan di blog

Ilustrasi membuat karya tulisan di Blog (Foto: id.depositphotos).*

Blog merupakan website atau jurnal yang berbasis online dengan memuat beragam informasi seperti artikel, berita, opini, foto dan video. Blog sendiri biasanya dikelola oleh seorang blogger yang membuat dan mengelola blog serta membagikan pandangan perspektif kepada audience secara online baik tujuan pribadi ataupun bisnis.

Dalam hal ini, blog tidak digunakan untuk sekadar mempublikasikan hasil karya tulisan saja, akan tetapi bisa menjadi sarana untuk mencari uang di internet. Bagi seseorang yang gemar menulis, menjadi seorang blogger bukan lah hal yang sulit karena pada dasarnya untuk menjadi seorang blogger harus memiliki keahlian dan kebiasaan dalam menulis dan merangkai sebuah cerita yang dikemas menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Untuk mendapatkan uang dari internet melalui blog ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu dengan memiliki platform terbaik untuk membuat blog karena hal ini akan berpengaruh pada tampilan blog yang berkualitas dan juga minat khalayak untuk mengunjungi blog dan membaca artikel di dalamnya.

Kemudian pilihlah topik yang sedang hangat-hangatnya di tengah masyarakat. Konten harus informatif, konsisten dan berkualitas. Lebih jauh, pelajarilah banyak hal mengenai blog dan lakukan promosi ke berbagai platform media sosial. Terakhir, mendaftar ke Google Adsense untuk memonetisasi blog agar mendapatkan uang dari iklan yang terpasang.

Membuka toko di marketplace

Tampilan profil toko olshop di marketplace Shopee (Foto:hasil screenshoot halaman shopee).*

Marketplace merupakan pihak ketiga yang mengakomodasi pihak penjual di media online. Situs marketplace dapat digambarkan sebagai pihak ketiga dalam melakukan transaksi online dengan menyediakan beberapa fitur penjualan serta fitur pembayaran yang terlindungi. Perdagangan online selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, terlebih lagi di masa pandemi saat ini banyak masyarakat menggunakan jasa marketplace online untuk berbelanja. Oleh karena itu, sistem perdagangan online ini menjadi salah satu peluang cerah untuk mencari pundi-pundi uang.

Untuk marketplace di Indonesia sendiri tentu sudah banyak di antaranya ada Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan yang lainnya. Untuk membuka toko di salah satu marketplace tersebut tentu harus daftar terlebih dahulu menggunakan identitasi pribadi serta nama toko sesuai dengan keinginan masing-masing. Agar dapat berjualan di marketplace tentu saja dibutuhkan produk yang akan dijual dan juga modal untuk usaha.

Jika sudah berhasil membuat toko, tentu saja diperlukan beberapa strategi dan pemikiran yang cermat untuk menjual produk yaitu dengan mencari barang-barang yang sedang trending dan populer di tengah masyarakat karena ini merupakan salah satu keuntungan para penjual untuk meningkatkan omsetnya. Keahlian seperti ini wajib diketahui oleh penjual yang ingin sukses dan memiliki pendapatan yang besar. Kemudian kualitas dan tampilan produk juga menjadi salah satu faktor minat para konsumen terhadap toko kita.

Oleh karena itu, kelola dengan baik toko kita mulai dari foto, cara mendeskripsikan produk, informasi bahan, hinga informasi mengenai kualitas produk tersebut. Jika seorang penjual dapat mendeskripsikan dan mengemas produk dengan baik dan benar maka kualitas produk pun akan terlihat semakin menonjol dan menarik perhatian konsumen.

Binsis dropshipping: berjualan tanpa modal

Ilustrasi cara kerja bisnis dropshipping (Foto: digitalmarketingschool.id).*

Dropship merupakan salah satu cara yang paling efektif jika ingin memulai bisnis online akan tetapi terkendala modal dan tidak mempunyai produk. Konsep dari bisnis dropship ini adalah menjual barang dagangan milik orang lain dan anda menjadi pihak ketiga dari pemilik produk orang lain tersebut dan juga calon pembeli.

Langkah untuk menjalani binsis dropship ini cukup mudah karena tugas pihak ketiga hanya mencari suplier yang dapat diajak bekerjasama dalam bisnisnya untuk layanan Dropship karena tidak semua suplier menerima layanan Dropship. Jika sudah mendapatkan suplier, langkah selanjutnya yaitu dengan mengiklankan produk-produk yang didapatkan dari suplier tersebut untuk mencari konsumen.

Tentunya untuk mendapatkan sebuah keuntungan dari bisnis Dropship ini pihak ketiga harus menaikkan harga produk dari harga suplier, contohnya suplier menjual produk dengan harga Rp15.000 dan pihak ketiga menjual Rp25.000, dari selisih harga ini pihak ketiga akan mendapat keuntungannya.

Menjadi admin di media sosial

Ilustrasi menjadi seorang admin media sosial (Foto: darmawan).*

Tentu saja dengan hanya diam di rumah, mayoritas orang bakal lebih dominan aktif di media sosial. Hal ini bisa dijadikan salah satu peluang untuk menghasilkan uang terlebih lagi jika sudah mengetahui banyak tentang media sosial untuk membangun dan meningkatkan branding. Hal yang paling mudah dilakukan untuk menjadi admin media sosial yaitu dengan membuat sebuah fanpage yang bergerak di bidang yang kalian suka, seperti olahraga, musik atau Politik.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya fanpage tersebut biasanya akan ada brand ataupun pengusaha yang tertarik untuk memberikan endorsment ataupun paid promote. Endorse merupakan istilah yang sangat populer dikalangan para influencer, biasanya hal ini dilakukan oleh pemilik usaha online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui para influencer.

Sedangkan Paid Promote biasanya dilakukan pemilik usaha yang baru saja merintis dan mencari fanpage-fanpage yang memiliki followers dengan jumlah banyak.

Trading di cryptocurrency

Tampilan trading cryptocurrency di exchange binance (Foto: Screenshoot halaman Binance).*

Cryptocurency atau mata uang digital saat ini sedang booming, terlebih lagi saat memasuki era pandemi. Biasanya, masyarakat mengenal cryptocurrency dengan sebutan Bitcoin yang merupakan salah satu aset digital di cryptocurrency.

Trading di cryptocurrency memang bukan hal yang mudah dilakukan orang awam karena memiliki resiko yang tinggi. Akan tetapi, karena bakal mendapatkan keuntungan yang tinggi sehingga menarik banyak peminat. Namun dengan mempelajari lebih dalam mengenai cryptocurrency dan segala teknis analisisnya dapat meminimalisir kerugian yang terjadi ketika sedang trading. Untuk mendapatkan keuntungan dari trading yaitu harus melakukan proses jual beli aset digital di cryptocurrency.

Metronom, seperti itulah 5 peluang untuk tetap bisa menghasilkan uang dengan hanya duduk manis di rumah aja. Dengan internet, semua usaha di atas dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan utama ataupun sampingan. Pilihlah salah satu yang sesuai keahlian dan minat, selain nyaman tentunya dapat manghasilkan! (Deonisius Berkham/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: