METRUM
Jelajah Komunitas

Sekeras Konser Musik Rock, Suara Monyet Howler Paling Berisik!

SPESIES Monyet Howler (howl, melolong) adalah monyet terbesar dari monyet Dunia Baru yang bisa kamu temukan di benua Amerika. Mereka terkenal dengan lolongannya yang keras, dan terdengar hingga jarak  10 mil. Maka tak salah jika monyet howler merupakan salah satu hewan dengan suara paling keras di Planet Bumi.

Lolongannya bisa mencapai volume 140 desibel, setara dengan kerasnya tingkat suara tembakan atau ledakan petasan. Suara Howler juga lebih kencang dari suara konser musik rock yang hanya mencapai 110 desibel. Kebayang kan gimana berisiknya? hehehe

Suara ledakan bom nuklir saja ‘hanya’ 240 desibel, monyet howler mudah saja mencapai lebih dari separuhnya. Maka tidak mengherankan kalau howler jantan sering menggunakan kelebihannya ini untuk menarik perhatian sang betinanya.

Howler merah/Youtube/Vikarius

Ternyata di balik suaranya yang melengking terdapat kantung pada tenggorokan monyet Howler yang berisi kantong khusus pada kotak suara yang menguatkan suara kerasnya. Suaranya yang berisik dan nyaring ini selain untuk memikat sang betina, juga berfungsi untuk menakut-nakuti hewan atau manusia yang memasuki wilayahnya atau untuk menjauhkan dari pohon buah-buahan berharga yang menjadi makanan mereka.

Hewan ini bergerak dengan memanfaatkan cabang pohon dengan kedua lengan dan kakinya untuk menghindari musuh atau mencari makanan. Monyet ini juga dapat bisa melakukan perjalanan tiga mil melalui hutan hujan lebat. 

Howler hitam/wikipedia commons

Howler memiliki berat 7-10 kilogram dengan rentang hidup hingga 20 tahun. Berjenggot panjang serta memiliki bulu yang tebal berwarna hitam, coklat, atau merah. Spesies howler merah adalah yang paling umum, tetapi sering jadi sasaran pemburu hewan liar.  

Monyet Howler memiliki ekor yang sangat panjang yang tumbuh dengan ukuran yang sama seperti tubuh mereka. Ekor ini digunakan untuk bergelantungan diantara pepohonan sekaligus digunakan untuk mengambil buah-buahan atau benda lainnya. Howler juga jarang turun kebawah atau menginjak tanah, hal ini dilakukan untuk menghindari predator yang kapanpun bisa memangsa mereka.

Howler Coklat/wikipedia commons

Hal istimewa lainnya dari howler adalah memiliki kemampuan untuk melihat semua warna seperti manusia. Hidup dengan cara berkelompok memiliki jumlah anggota 10-15 ekor. Dalam satu kelompok, betina dan anak-anak yang mendominasi, sedangkan Monyet Howler jantan hanya berjumlah 1-3 dalam setiap kelompok.

Monyet Howler hidup di hutan hujan selatan dan tengah Amerika dan merupakan bagian penting dari ekologi hutan hujan, karena berperan sebagai penebar benih dan germinator. (Vey si Sendal Jepit)***  

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: